Berita Terkini: Pakar Psikologis Minta Wajah Pelaku Paedofilia Diekspos!

0
359
pelaku pedofilia
Copyrigth©NET.Z

Pakar Psikologis Minta Wajah Pelaku Pedofilia Diekspos!

Indowarta.com – Baru-baru ini Pengidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus pedofilia dan p*rnografi online spesialis anak. Para pelaku tersebut terdaftar dalam sebuah grup di media sosial Facebook yang bernama ‘Official Candy’s Group’.

Menanggapi pembongkaran kasus tersebut, pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan bahwa seharusnya wajah para pelaku pedofilia diperlihatkan pada umum seperti pelaku kejahatan lainnya.

Sehingga diharapkan hal itu akan memberikan efek jera serta dapat dijadikan antisipasi untuk seluruh masyarakat apila nantinya pelaku berkeliaran. Reza beranggapan pedofilia merupakan kejahatan yang luar biasa jadi wajah pelaku harus diperlihatkan seperti misalnya saja pelaku tindak korupsi dan terduga teroris.

FB
Copyrigth©detik

“Muka terduga teroris diperlihatkan. Muka tersangka korupsi dipampangkan. Kalau memang kejahatan seksual terhadap anak adalah kejahatan luar biasa, maka penindakannya harus luar biasa,” tutur Reza.

Kemudian Reza juga mempertanyakan kenapa wajah para pelaku pedofilia justru ditutup. Padahal masyarakat perlu dibantu untuk mengidentifikasi kemungkinan bila nantinya pelaku berkeliaran di wilayah mereka.

Apalagi mengingat pelaku pedofilia tidak berkeliaran sendiri karena Reza menilai penjahat pasti memiliki jaringan yang luas. Maka dari itu, tak seharusnya kasus pedofilia diekspos terlalu dini, karena menurutnya itu justru akan mempersulit untuk membongkar jaringan prostitusi online lainnya.

“Tersangka bukan serigala yang berkeliaran sendirian. Mereka disebut jejaring pedofilia internasional, modus yang mereka gunakan pun via online dan canggih. Sehingga ini terkesan diekspose terlalu dini,” tutur Reza.

Menurutnya sebaiknya dilakukan kerja sama dengan Interpol terlebih dahulu, kemudian digrebek di seluruh negara terkait hal tersebut. karena ekspos terlalu dini justru akan membuat para pelaku di Facebook dan WhatsApp maupun media sosial lainnya tiarap.

Diharapkan semua pihak juga tidak melupakan korban pelaku pedofilia dan pentingnya rehabilitasi terhadap anak-anak yang menjadi korban. Semua pihak harus memikirkan berapa banyak korban anak-anak di video pedofilia. Serta menyiapkan anggaran guna melaksanakan isi UU Perlindungan Anak bahwa korban anak harus direhabilitasi.

Untuk diketahui, terungkapnya kasus pedofilia online ini berawal dari penyidik Ditreskimsus Polda Metro Jaya yang berhasil membongkar kasus p*rnografi online spesialis anak yang terdaftar dalam grup Facebook.

Polisi berhasil menangkap empat orang yang merupakan admin dari grup FB tersebut. para pelaku pedofilia itu adalah Wawan alias Snorlax (27), Illu Inaya alias DS (24), DF alias TK alias DY (17), dan SHDW alias SHDT (16).

Baca Juga Biasa Pasarkan Diri Lewat FB, Ibu Muda Cantik Ini Ditangkap Polisi Sebelum Melayani Pelanggan di Hotel!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY