Berita Terkini: Ketok Palu, PTUN Batalkan SK Reklamasi Pulau K!

0
220
sidang reklamasi
Copyright©Twitter

Berita Terkini: Ketok Palu, PTUN Batalkan SK Reklamasi Pulau K!

Indowarta.com – Pihak Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam sidang putusan tentang kasus reklamasi pun mengabulkan gugatan nelayan terkait reklamasi Pulau K yang dilakukan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol. PTUN menyebutkan jika surat keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta mengenai persoalan pelaksanaan reklamasi Pulau K telah dibatalkan.

M. Arief Pratomo selaku Ketua Majelis Hakim yang memimpin berjalannya sidang dalam pokok perkara mengabulkan gugatan yang diajukan dari pihak seluruh nelayan.

“Menyatakan batal keputusan Gubernur Provinsi DKI Nomor 2485 tahun 2015 tentang pemberian izin pelaksanaan reklamasi Pulau K kepada PT Pembangunan Jaya Ancol tanggal 17 November 2015,” ungkap Arief ketika membacakan keputusan di ruang sidang Kartika di Pengadian Tata Usaha Negri Jakarta pada Kamis (16/3).

Pihak hakim juga meminta pihak tergugat untuk mencabut Surat Kuasa Gubernur DKI mengenai pemberian izin terhadap reklamasi pulau K itu. Hakim mengatakan jika menurutnya, para penggungat tidak diperbolehkan melakukan segala kegiatan dimana lokasi reklamasi berada, hingga ada kekuatan hukum yang pasti dan tetap.

Hukuman yang dijatuhkan kepada pihak tergugat  dan tergugat dua adalah untuk membayar biaya perkara.

“Menghukum tergugat dan tergugat 2 intervensi untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp 425.000,” ucap Majelis Hakim tersebut.

reklamasi
Copyright©Twitter

Di dalam sidang tersebut, hakim baru saja memutuskan untuk satu gugatan saja yakni hanya pada Pulau K. Sidang pun diskros selama kurang lebih 20 menit guna melanjutkan putusan untuk pulau yang lain yakni Pulai F dan Pulau I.

Beberapa nelayan pun terlihat bersorak gembira ketika pihak majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta mengabulkan gugatan mereka terhadap reklamasi Pulau K. Diketahui hampir seratus orang dari Komunitas Nelayan Tradisional mendatang PTUN Jakarta di kawasan Pulogebang.

Sidang yang hampir tertunda selama 4 jam tersebut, rencananya akan memutuskan gugatan terhadap izin reklamasi untuk pulau F, I dan K. Sebelumnya pihak pengadilan telah mengabulkan gugatan nelayan terhadap SK Gubernur Jakarta mengenai Pemberian Izin Reklamasi Pulau G di Teluk Jakarta kepada PT Muara Wisesa Samudra.

BACA JUGA Berita Terkini: Menteri Luhut Akan Pastikan Legalitas Reklamasi Teluk Jakarta!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY