Awas . .WhatsApp Bisa Dibajak Lewat Kiriman Foto Lho!

0
1142
WhatsApp Web
Copyrigth©Gadgets To Use

Awas . .WhatsApp Bisa Dibajak Lewat Kiriman Foto Lho!

Indowarta.com – Enkripsi yang diterapkan di aplikasi chatting rupanya tidak selalu menjamin keamanan. Misalnya saja WikiLeaks yang mengungkapkan bahwa badan intelijen AS, CIA tetap menembus aplikasi chatting yang dilindungi oleh end-to-end encryption.

Diketahui baru-baru ini firma kemanan Check Point turut mempublikasikan celak keamanan yang terdapat dalam versi web dari dua aplikasi messaging populer, yakni WhatsApp dan Telegram. Celak keamana tersebut dikatakan dapat dimanfaatkan oleh hacker.

Hacker dapat menggunakannya untuk membajak atau mengambil alih akun pengguna WhatsApp dan Telegram melalui web. Caranya yanki dengan mengirimkan foto atau gambar yang telah diselipkan kode berbahaya.

WhatsApp Web
Copyrigth©TechSpot

Sehingga begitu foto tersebut dibuka, maka kode berbahaya tersebut akan dieksekusi dan mengalihkan penggunake laman HTML yang berisi malware (perangkat  lunak yang mencurigakan). Malware tersebut kemudian dapat digunakan untuk mengakses semua data yang disimpan secara lokal di komputer.

Dilansir dari The Verge pada Kamis 16 Maret 2017 kemarin, Oded Vanunu, head of product vulnerability research Check point mengatakan, dengan mengirimkan foto, penyerang dapat mengambil alih akun WhatsApp dan Telegram, mengakses history pesan, semua foto yang pernah dibagikan, dan kemuadian mengirimkan pesan atas nama pengguna.

Dalaam keterangan yang diberikan, Check Point mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi lantaran WhatsApp dan Telegram versi web tersinkronisasi dengan akun pengguna di ponsel. Namun tenang, jangan langsung panik.

Pasalnya 8 Maret lalu, Check Point telah melaporkan keberadaan celah keamanan tersebut kepada WA dan Telegram. Dan kini keduanya telah menambal celah keamanan yang dimaksudkan. Penambalan celah tersebut juga disampaikan oleh pihak WhatsApp.

Juru bicara WhatsApp mengatakan saat Check Pint memberikan laporan tentang penemuan celah keamanan tersebut, pihaknya langsung menanggapinya dalam sehari. Dan kemudian merilis update untuk WhatsApp Web. Pengguna dimohon untuk restart browser untuk memastikan bahwa pengguna telah memakai versi baru.

Untuk mengantisipasi akun WA Web yang Anda gunakan agar tidak ditembus keamanannya meskipun telah menggunakan enkripsi, lebih baik ikuti anjuran yang telah dituturkan oleh pihak WhatsApp saja. diharapkan setelah itu WA Web benar-benar aman.

Baca Juga Berita Terkini: Kenapa WhatsApp Kembalikan Status Berbasis Teks?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here