Berita Terkini: Hanya PDIP yang Mampu Usung Calon Sendiri di Pilgub Jabar!

0
2104
PDIP
Copyright©CNN indonesia

Hanya PDIP yang Mampu Usung Calon Sendiri di Pilgub Jabar!

Indowarta.com – Bursa calon Gubernur Jawa Bart 2018 saat ini mulai memanas. Apalagi setelah partai NasDem yang terang-terangan mendeklarasikan Ridwan kamil untuk maju di kursi Jawa Barat 1.

Hingga kemudian nama calon-calon lain pun bermunculan diantaranya adalah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar hingga istri dari Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Netty Prasetiyani.

Sebagai syarat untuk dapat mencalonkan diri dalam pemilihan gubernur Jawa Barat, nama-nama calon potensial tersebut membutuhkan dukungan partai politik sepeti PDIP, Demokrat, PKB, dan partai politik lainnya sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

PDIP
Copyright©Okezone

Atau jika ingin maju sebagai calon gubernur perseorangan atau independen, maka calon harus memenuhi persyaratan yakni dukungan minimum.

Seperti yang dituturkan oleh Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat pada Jumat 17 Maret 2017. “untuk di wilayah Jawa Barat, syarat calon yang diusung partao politik yakni sebesar 20 persen jumlah kursi DPRD Jawa Barat.

Artinya 25 persen perolehan suara partai politik atau gabungan partai politik. 20 persen tersebut berarti 20 kursi. Jika dilihat dari hasil Pemilu Legelatif 2014 lalu di Jawa Barat, jumlah kursi tertinggi di DPRD Jawa Barat diraih oleh PDIP yakni sebanyak 20 kursi.

17 kursi diraih oleh Partai Golkar, 12 kursi PKS, 12 Kursi partai Demokrat dan 11 kursi Partai Gerindra. Sedangkan partai lainnya yakni PPP yang memiliki 9 kursi, PKB 7 kursi, NasDem 5 kursi, Pan 4 Kursi dan Hanura 3 kursi.

Apabila melihat dari jumlah kursi tersebut, hanya PDIP yang mampu mengusung calonnya sendiri tanpa harus bergabung dengan partai politik lainnya. Namun untuk partai lain harus berkoalisi.

PDIP sendiri telah bersiap diri untuk menghadapi Pilkada Serentak tahun 2018 mendatang. Termasuk Pilgub Jawa Barat. Partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut memberi sinyal akan mendukung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil sendiri terlihat sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh PDI Perjuangan. Ketua DPP PDIP Hendrawan Pratikno mengatakan Ridwan Kamil sudah lama masuk radar partai.

Baca Juga Berita Terkini: PDIP Berharap Semua Partai Pendukung Pemerintah Dukung Pasangan Ahok dan Djarot di Pilkada DKI !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here