Berita Terkini: Generasi Milenial, Pilih Jokowi Ataukah SBY?

0
1384
Jokowi
Copyrigth©Tempo

Generasi Milenial, Pilih Jokowi Ataukah SBY?

Indowarta.com – Pertanyaan dari netizen muncul ditengah diskusi yang digelar oleh PARA Syndicate yang mengusung tema “Setelah Pertemuan Jokowi SBY: Membaca Pemilih Milenial Pilkada DKI” yang digelar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat 17 Maret 2017.

Salah seorang netizen yang memantau jalannya disukusi tersebut secara steaming bertanya kepada Ani Eliya selaku pengurus Komunitas Meme Anak Muda Indonesia sekaligus administrator Meme Komik Indonesia.

Saat itu Ani menjadi salah satu narasumber dalam diskusi tersebut. Kemudian seorang netizen tersebut mengajukan sebuah pertanyaan, “Mana yang lebih dipilih generasi nilenial, apakah sosok Joko Widodo atau Susilo Bambang Yudhoyono?

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Presiden Jokowi Ingin Pastikan Perlindungan WNI Saat Kunjungi Hongkong!
jokowi susilo bambang yudhoyono
Copyright©Twitter/detik

Kemudian Ani memberikan jawaban, jika disuruh untuk memilih Jokowi atau SBY,m anak-anak generasi milenial saat ini lebih memilih Jokowi. Ani juga mengatakan bahwa jawaban yang ia berikan tersebut cukup untuk mewakili komunitasnya yang seluruhnya berusia 15-20 tahun.

Sosok pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah tersebut dinilai apa adanya dan sangat identik dengan slogan “kerja, kerja, kerja”. Tak hanya itu, rekam jejak Jokowi khususnya di DKI Jakarta sangat mengena bagi generasi milenial.

Anak muda saat ini lebih melihat pada kerja nyatanya, mereka membutuhkan bukti, tak hanya sekadar janji saja. selain itu, Joko Widodo juga dikenal sebagai sosok yang ‘gaul’ seolah taka da batas dengan generasi muda.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Presiden Jokowi Terbang Ke Filipina Hadiri KTT Asean!

Kemudian Ani memberikan contoh soal interaksi Presiden RI tersebut bersama dengan penyanyi muda nan cantik Raisa di Istana Presiden, beberapa waktu lalu. Apalagi saat itu ada momennya Raisa memandangi Jokowi dan itu langsung menjadi viral.

Menrurut pengamat etika dan komunikasi politik Benny Susetyo menilai, jika sosok Joko Widodo memang lebih melekat pada generasi milenial Indonesia. Pasalnya generasi milenial memiliki parameter yang unik tentang bagaimana seorang pemimpin harusnya bersikap.

Mereka lebih menyukai sosok pemimpin yang bisa dicengin (diledek) dibandingkan dengan pemimpin yang terlalu menjaga image. Mereka lebih menyukai pemimpin yang setara. Dicengin disini bukan dalam sopan atau tidak sopan. Melainkan pada sebuah hubungan yang luwes atau tidak kaku sehingga komunikasi dapat berjalan lancar dan cenderung tak terbatas.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Presiden Jokowi Ingin Pastikan Perlindungan WNI Saat Kunjungi Hongkong!

Oleh karena itu, saat ada sosok pemimpin yang dipandang formal, kaku atau terkesan jaga image, maka generasi milenial bakal menolaknya. Karena menurut mereka pemimpin harus bisa diajak untuk guyon dan dapat dijadikan sebagai teman.

Baca Juga Berita Terkini: Mengintip Megahnya Pos Perbatasan Nanga Badau yang Usai Diresmikan Presiden Jokowi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY