Berita Terkini: Patung Macan Koramil Cisewu dan Warisan Budaya Pajajaran!

    0
    742
    koramil cisewu
    Copyright©Twitter

    Berita Terkini: Patung Macan Koramil Cisewu dan Warisan Budaya Pajajaran!

    Indowarta.com – Menurut Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra, macan memang dijadikan symbol Kodam Siliwangi. Macan sendiri adalah ciri khas dari Prabu Siliwangi, yakni pewaris Kerajaan Pajajaran.

    “Karena Prabu Siliwingi identik dengan macan. Karena Kodam pakai nama Siliwangi, maka simbol juga identik dengan macan,” ucap Herindra pada Jumat (18/3).

    Dilansir dari berbagai sumber, Prabu Siliwangi diketahui selalu didampingi oleh seekor macan. Diceritakan bahwa pewaris trah kerajaan gajah itu berjumpa dengan sosok macan putih ketika tengah berkelana. Segerombol macan putih gaib tersebut menghadang Prabu Siliwangi ketika dirinya sedang mencari air di wilayah Majalengka.

    Pemimpin dari kawanan tersebut adalah macan putih yang memiliki ukuran tubuh paling besar. Lalu raja macan putih serta Prabu Siliwangi bertarung sampai akhirnya sang macan pun kalah. Dimulai dari situ, raja macan putih dan seluruh kawanannya mengabdi sebagai hamba setia Prabu Siliwangi.

    Dengan bergabungnya kerajaan macan tersebut menjadikan kerajaan Gajah berganti nama menjadi Pakuan Pajajaran. Hal tersebut mengartikan bersatunya kerajaan macan putih bersama dengan kerajaan Gajah.

    Pasukan yang berasal dari kerajaan macan putih bahkan turut membantu kerajaan Gajah ketika mendapatkan serangan dari kerajaan Mongol. Prabu Siliwangi pun mengangkat raja macan putih sebagai panglima perang dari kerajaan gaib.

    Walaupun era kerajaan Pajajaran telah berlalu, tapi tidak sedikit dari mitos dan legenda yang diceritakan. Di tempat – tempat petilasan Prabu Siliwangi, sering diberitakan bahwa nampak sosok harimau atau macan putih.

    Bahkan juga ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa Prabu Siliwangi berubah menjadi harimau dibantu oleh raja macan putih tersebut ketika hendak melenyapkan raga ke dimensi gaib dengan cara bertapa.

    patung macan
    Copyright©redaksiindonesia

    Hampir disetiap satuan – satuan Kodam Siliwangi dipasang patung atau simbol macan , termasuk patung macan Koramil Cisewu. Mayjen Herindra juga ingin agar prajurit yang berada di bawah jajarannya dapat mewarisi keberanian dari Prabu Siliwangi.

    Sebelumnya, patung macan di Koramil Cisewu heboh diperbincangkan oleh para pengguna media sosial sejak Senin (13/3). Patung macan tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dengan yang lainnya, khususnya dibagian kepala patung macan tersebut.

    Akhirnya Pangdam Siliwangi meminta agar patung macan Koramil Cisewu tersebut dibongkar dan diganti yang baru. Selang 4 hari kemudian patung baru pun dipasangn di papan atas Koramil Cisewu pada Jumat (17/3).

    “Di-design langsung dibuat pakai cetakan. Prajurit kita yang buat sendiri. Lebih garang,” ucap Herindra.

    BACA JUGA Berita Terkini: Viral, Patung Macan Kodam Siliwangi ‘Menyeringai’ Ini Bikin Ngakak!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here