Syarat Diperketat, Tabungan Minimal Rp 25 Juta Untuk Buat Paspor!

0
521
paspor indonesia
Copyright©Cermati

Syarat Diperketat, Tabungan Minimal Rp 25 Juta Untuk Buat Paspor!

Indowarta.com – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menetapkan kebijakan mengenai permohonan pembuatan paspor baru. Salah satu syarat paspor utama dari kebijakan tersebut adalah pemohon harus mempunyai tabungan yang beratas namakan pemohon dengan jumlah minimal sebesar Rp 25 juta.

Kebijakan tersebut di tetapkan untuk menyusul dengan adanya surat edaran dengan nomor IMI – 02177.GR.02.06 tahun 2017 mengenai pencegahan Tenaga Kerja Indonesia yang tidak memenuhi prosedur. Adapun kebijakan/syarat paspor baru tersebut telah berlaku sejak awal Maret 2017.

Cucu Koswala selaku Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan menuturkan jika kebijakan tersebut dibuat sebagai bentuk langkah preventif agar dapat mencegah tindak pidana perdagagan orang.

“Ini biasanya terjadi  kalau dari pemohon paspor dengan maksud misalnya kunjungan, ziarah, atau yang lain, tapi nantinya mereka tidak kembali ke Indonesia. Kemudian di sana mereka jadi Tenaga Kerja Indonesia non-prosedural,” jelas Cucu ketika ditemui dikantornya pada Jumat (17/3).

cucu koswala
Copyright©BBC

Sementara itu bagi pemohon yang ingin menjadi TKI di luar negeri, harus menyertakan keterangan dari sejumlah pihak yang terkait. Dari keterangan tersebut disertakan dari Kementerian Tenaga Kerja serta Badan Nasional Penempatandan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Bagi para pemohon yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri yang memiliki tujuan lain, akan diterapkan syarat paspor seperti berikut ini:

  1. Untuk keperluan ibadah haji/umroh, harus meminta rekomendasi dari Kemenag Kabupaten/kota serta surat keterangan dari PPIH/PPIU.
  2. Untuk keperluan magang dan juga program bursa kerja khusus, harus meminta surat rekomendasi dari Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktiviras Kementerian Tenaga Kerja.
  3. Lalu untuk kunjungan keluarga, harus meminta surat jaminan dan fotocopy paspor dari pihak keluarga yang akan dikunjungi.
  4. Sedangkan yang terakhir untuk kepentingan wisata, harus melampirkan buku tabungan yang beratas namakan pemohon dengan nominal tabungan minimal Rp 25 juta.

Terdapat sejumlah destinasi negara yang akan diperketat syarat paspornya karena biasanya menjadi sasaran bagi para pekerja yang non – procedural. Negara – negara tersebut yakni Malaysia, Timur Tengah, Hongkong, Taiwan dan Korea Selatan.

BACA JUGA Berita Terkini : 177 WNI Pakai Paspor Filipina Demi Berangkat Haji, Lantaran Kuota Indonesia yang Sudah Tak Mampu Penuhi !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY