Berita Terkini: Belum ada Tersangka Lagi dalam Kasus E KTP?

0
430
kasus E KTP
Copyright©Aktual

Berita Terkini: Belum ada Tersangka Lagi dalam Kasus E KTP?

Indowarta.com – Sidang perdana kasus E – KTP telah memasuki tahap pemanggilan para saksi. Pada tanggal 16 Maret yang lalu, KPK menghadirkan sebanyak tujuh saksi dari delapan saksi yang sudah direncanakan.

Keterangan dari para saksi tersebut telah membuka sejumlah fakta terkait adanya permainan dalam pengerjaan proyek bernilai tinggi tersebut. Namun Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK mengatakan jika masih ada saksi yang memberikan keterangan tidak sesuai dengan dakwaan yang telah disampaikan di sidang sebelumnya, yang digelar pada Kamis 9 Maret 2017.

Misalnya pembelaan yang diutarakan oleh Diah Anggraeni yang juga mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Ia mengungkapkan telah menerima uang dari Irman selaku terdakwa dan juga dari seorang pengusaha bernama Andi Agustinus alias Andi Narogong yang juga rekanan bisnis Kemendagri. Namun, Diah menampik jika mengetahui tentang uang yang telah diberikan kepadanya adalah uang dari proyek e – KTP.

Irene Putrie selaku JPU KPK menyayangkan keterangan dari Diah Anggraeni, setelah sidang keterangan saksi, ia mengungkapkan bahwa KPK bisa jadi memanggil kembali Diah dalam sidang kasus e – KTP yang selanjutnya.

sidang e - ktp
copyright© Twitter

Selain Diah Anggraeni, nama Gamawan Fauzi yang ketika itu menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri juga menampik jika dirinya telah menerima dana hasil korupsi e – KTP. Ketika itu Gamawan bahkan bersumpah dengan menyebut nama Tuhan, ia berani dikutuk dan mati jika menerima uang korupsi e – KTP meskipun hanya sedikit.

Kali ini Febri Diansyah yang juga Juru Bicara dari KPK juga menyesalkan pembelaan yang dilakukan oleh para saksi. Ia berharap para saksi yang diminta memberikan keterangan oleh pihak penyidik dapat memberikan keterangan secara terus terang agar kasus tersebut dapat segera selesai.

Diah telah dipanggil sebagai saksi dalam sidang kasus e – KTP oleh Jaksa KPK. Sementara Setya Novanto dan Andi Narogong masih belum dapat diketahui kapan akan dimintai kesaksiannya di Pengadilan Tipikor.

Isyarat jika akan ada penetapan tersangka berikutnya juga sempat diungkapkan oleh Laode Muhammad Syarif yakni Pimpinan dari KPK, ia menyatakan jika pihaknya akan secara berurutan menetapkan para tersangka.

Tidak hanya Laode, Agus Rahardjo juga sempat menyatakan jika pihaknya juga akan menetapkan tersangka baru dalam kasus E – KTP tersebut.

BACA JUGA Berbagai Fakta Menarik Dibalik Sidang Kedua Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here