Kiat Kiat Sukses Hadapi UN dan USBN 2017 Untuk Kamu!

    0
    502
    USBN
    Copyrigth©Edupost

    Kiat Kiat Sukses Hadapi UN dan USBN 2017 Untuk Kamu!

    Indowarta.com – Seringkali ujian nasional (UN) menjadi momok tersendiri bagi siswa. Namun lebih baik buanglah asumsi negatif tentang UN, yang yakinlah hanya jurang sempit yang akan kalian loncati untuk dapat menuju ke jenjang yang lebih tinggi.

    Berikut ini beberapa Tips yang mungkin dapat membantu kalian untuk mencoba membuang asumsi negatif tentang UN dan USBN 2017 yang bisa kalian coba. Percaya diri akan muncul ketika seleuruh persiapan telah dilakukan.

    1. Jaga kesehatan

    Menjaga kondisi tubuh menjadi salah satu hal penting, bagaimana dapat belajar dengan fokus jika badan kalian sakit, lemes, loyo, dll. Kesehatan kan juga mahal harganya, bayangkan berapa duit yang harus keluarkan untuk berobat ke dokter.

    Kemudian kerugian yang ditimbulkannya, salah-salah masa depan taruhannya lho. Jadi, mulai sekarang jaga kesehatan, rutin berolah raga, misalnya saja lari pagi usai shalat Subuh. Dengan sendirinya gairah belajar akan meningkat.

    ujian USBN
    Copyrigth©Edupost
    1. Ikuti program pemberlajaran di sekolah dengan baik

    Perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan agar rasa malas dan bosan yang menerpa kalian saat banyak program belajar yang dicanangkan sekolah. Sehingga nantinya kalian akan semangat.

    1. Banyak berlatih dengan soal

    Banyak berlatih dengan soal-soal, pahami bentuk soal. Karena soal UN dan USBN 2017 ya gitu-gitu aja setiap tahunnya. Hanya susunan kalimat yang berbeda, namun konsepnya tetap sama.

    1. Buat jadwal belajar dan fokus pada satu hal

    Suatu hal yang terstuktur dan terpola rapi akan membuat hasilnya juga memuaskan. Jadi buat jad wal belajar, misal hari Senin khusus belajar bahasa Indonesia, selasa matematika, Rabu bahasa Inggris, dan seterusnya. Sisakan satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran.

    1. Belajar kelompok, bahas soal dan saling bantu

    Kalau belajar sendiri membosankan, tak ada salahnya untuk belajar kelompok. Membahas soal-soal. Dan saling membantu jika salah satu temanmu tidak paham teman yang lain bisa membantu menjelaskannya.

    1. Ciptakan suasana yang menyenangkan

    Ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna.

    1. Berdo’a dan minta do’a restu dari kedua orang tua

    Do’a paling mujarab yakni do’a dari orang tua untuk anaknya. Sehingga minta restunya untuk dapat menambah rasa percaya diri yang luar biasa. namun kalian sendiri harus bekerja lebih keras, dan berdo’a.

    1. Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal

    Sempatkan diri untuk sarapan, karena tanpa sarapan bisa-bisa  kalian nggak bisa berpikir secara maksimal dalam mengerjakan UN dan USBN 2017 karena perut kosong belum terisi.

    1. Riview materi ujian sesaat sebelum ujian

    Untuk memancing ingatan kalian bisa buka-buka lagi materi pelajaran yang dipelelajari sebelumya sebelum ujian.

    1. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin

    Untuk menambah percaya diri dan kemampuan, tak ada salahnya menyumpulkan referensi sebanyak mungkin, bisa melalui materi pelajaran di perpustakaan, google, atau tanya teman yang lebih bisa atau tanya ke guru yang bersangkutan.

    Itu tadi beberapa tips menghadapi UN dan USBN 2017 yang bisa kalian coba, Semoga Berhasil !

    Baca Juga Berita Terkini: Sebentar Lagi Digelar, Soal USBN 2017 dalam Masa Karantina!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here