Berita Hari Ini : Harga BBM Turun Per 1 April Besok, Kalangan Buruh Kok Malah Protes ?

0
1917
harga BBM

Berita Hari Ini : Harga BBM Turun Per 1 April Besok, Kalangan Buruh Kok Malah Protes ?

Pemerintah telah mengumumkan bahwa harga BBM premium dan solar akan turun Rp 500 per liter. Penurunan harga ini akan efektif pada 1 April 2016. Turunnya harga BBM ini disebabkan karena harga minyak dunia sedang mengalami tren menurun. Hal ini dapat disinyalir dapat meminimalisir inflasi hingga di bawah 4%.

Ada beberapa dampak yang bisa diciptakan akibat penurunan harga BBM ini. Yang pertama, ketika harga BBM turun maka otomatis besaran inflasi juga akan turun. Yang kedua dapat berdampak memperkecil biaya operasional dan akan mungkin bisa munurunkan harga bahan pokok.

WAJIB BACA :  Harga BBM Harus Sama di Seluruh Pelosok Negeri!

Namun masih saja ada pihak yang kurang terima dengan penurunan harga BBM ini. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) beranggapan kalau penurunan harga BBM ini masih terbilang mahal. Para buruh meminta agar harga BBM diturunkan lagi lebih murah.

harga BBM

Buruh menuntut pemerintah untuk menurunkan harga BBM menjadi Rp 5.000 per liter untuk premiu dan Rp 4.500 per liter untuk solar. Tuntutan tersebut dilakukan agar penurunan yang signifikan bisa langusng dirasakan oleh masyarakat. Said Iqbal ketua KSPI menilai kalau penurunan BBM hanya Rp 500 aneh karean harga minyak dunia terus anjlok.

Menurut Said harga minyak dunia masih rendah yaitu dibawah 40 dollar per barel. Dia juga memaparkan harga Premium Oktan 88 bila dibandingkan dengan harga di Malaysia masi jauh lebih mahal. Bahkan harga BBM di Negara tetangga yang mempunyai Oktan 92 atau 94 seperti di Malaysia atau Amerika Serikat jauh lebih murah menurut Said.

WAJIB BACA :  Harga BBM Harus Sama di Seluruh Pelosok Negeri!

Said juga menyebutkan bahwa jangan sampai buruh dan rakyat Indonesia dibebani harga BBM untuk menutupi kerugian Pertamina. Menurutnya perilaku ini seperti lintah darat saja.

Disisi lain untuk tariff transportasi otomatis juga akan mengalami penurunan juga. Kementrian transportasi umum akan mengirimakn surat kepada kerta api, laut dan lain-lain. Surat itu berisikan tentang instruksi untuk menurunkan harga sekitar 3%.

baca juga :

Berita terkini: Harga BBM Turun di Awal Maret, Berikut Daftar Lengkapnya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here