Berita Terkini: BMKG Himbau Warga Tak Khawatir Tentang Equinox!

    0
    691
    equinox
    Copyrigth©beritacenter

    Berita Terkini: BMKG Himbau Warga Tak Khawatir Tentang Equinox!

    Indowarta.com – Badan Meteorologi, Klimatolohi dan Geofisika (BMKG) Banjarbaru, Kalimantan Selatan meminta kepada semua masyarakat agar tidak mengkhawatirkan dampak dari fenomena Equinox.

    “Kami mengimbau masyarakat tidak mengkhawatirkan dampak equinox,” ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Staklim Klas I Banjarbaru Miftahul Munir  ketika berada di Kota Banjarbaru pada Minggu.

    Pernyataan tersebut sekaligus menjawab tentang isu yang tersebar melalui beberapa media sosial mengenei fenomena tersebut yang akan melanda Singapura, Malaysia dan juga Indonesia dalam kurun waktu lima hari ke depan.

    Isi dari isu tersebut mengatakan bahwa Equinox akan berdampak pada peningkatan suhu yang amat signifikan hingga dapat mencapai suhu 40 derajat celcius sehingga masyarakat dihimbau untuk berdiam diri saja dirumah.

    “Saat ini suhu udara rata-rata 27 derajat celcius dan saat Equinox suhu diperkirakan antara 32 hingga 34 derajat celsius sehingga masih dalam suhu yang normal,” tambahnya.

    fenomena-equinox
    Copyright©cdimage

    Beberapa ahli juga menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi ketika matahari tengah melintasi garis khatulistiwa atau equator yang terjadi sebanyak dua kali dalam satu tahun yaitu pada tanggal 20 – 21 Maret dan juga 22 – 23 September.

    Ia juga menjelaskan bahwa posisi Kalimantan Selatan berada pada Lintang Selatan antara 2 hingga 4 derajat sehingga matahari tepat berada di atas Kalses dan terjadi sebelum 20 Maret dan setelah 23 September.

    Ditegaskan, fenomena alam Equinox adalah peristiwa normal yang disebabkan oleh bumi yang mengelilingi matahari dan dampak dari peristiwa tersebut yang paling jelas adalah panjang siang dan malam sama di seluruh permukaan bumi.

    Dan juga, fenomena ini bukanlah fenomena yang sama dengan HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah dan dapat berakibat pada meningkatnya suhu udara secara besar dan juga bertahan lama.

    Sedangkan , pesan siaran yang menyarankan agar masyarakat harus tetap dirumah pada waktu tertentu saat Equinox, dan meletakkan baskom yang diisi dengan air separuhnya di ruang tamu demi menjaga kelembaban udara dan juga menaruh lilin di luar rumah untuk mendeteksi tingkat panas, masih diterima oleh masyarakat hingga kini.

    BACA JUGA Kekhawatiran Warga Gorontalo Ketika Munculnya Fenomena Equinox!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here