Kulit Wajah Tiba-tiba Mengelupas, Kenapa?

0
805
kulit kering
Copyrigth©Skin

Kulit Wajah Tiba-tiba Mengelupas, Kenapa?

Indowarta.com – Pengelupasan kulit wajah bisa terjadi lantaran zat-zat yang dpat merusak dan mengiritasi kulit. Selain itu dapat disebabkan oleh jenis kulit yang diturunkan, sinar matahari hingga penyakit. Biasanya pengelupasan kulit itu juga akan diiringi oleh pengeringan kulit, rasa gatal, iritasi dan ruam.

Berikut ini merupakan penyebab kulit wajah mengelupas:

  • Terbakar sinar matahari

Sebelum mengelupas biasanya fase yang dialami yakni kulit akan memerah, sakit dan panas saat disentuh. Biasanya terjadi selang beberapa jam usai terpapar sinar matahari. Setelah melewati fase tersebut, lapisan kulit mengalami rusak dan akan mengelupas namun kulit akan sembuh dengan sendirinya. Namun pengelupasan ini akan membuat warna kulit tidak merata dan tamapak seperti berpola.

WAJIB BACA :  Karena Pakai Tato Henna, Kulit di Lengan Madison Jadi Melepuh Sampai Menggelembung!

Yang memilki jenis kulit yang kering, risiko pengelupasan pun semakin tinggi. Apalagi jika terus menerus brsentuhan dengan air, sabun, dank rim yang mengandung zat yang keras, air panas, cuaca panas maupun dingin dan sinar matahari

kulit kering
Copyrigth©AYOnews
  • Alergi

Jika kulit bersentuhan dengan zat pemicu alergi, kulit dapat bereaksi. Tak hanya mengelupas, namun juga akan timbul reaksi lain yakni ruam, gatal-gatal hingga melepuh.

  • Efek obat-obatan

Diketahui beberapa obat dapat membuat kulit menjadi mengelupas. Biasanya terdapat pada krim retinoid yang digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurasu kerutan dan flek-flek. Krim mendorong sel-sel kulit untuk mati dan meregenerasi. Sehingga kulit wajah akan mengelupas. Kemoterapi juga dapat membuat kulit mengelupas.

WAJIB BACA :  Karena Pakai Tato Henna, Kulit di Lengan Madison Jadi Melepuh Sampai Menggelembung!

Kondisi ini bersifat kronis, dan cenderung sering kambuh secara berkala. Hingga kini belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini, namun ada perawatan yang dapat mencegah kulit mengelupas dan meringankan rasa gatal.

Namun tenang, jangan langsung panik, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah mengelupas.

  1. Kompres kulit dengan menggunakan air dingin
  2. Konsumsilah lebih banyak air putih
  3. Rutin untuk mengoleskan pelembab, terutama setelah mandi
  4. Minum obat penghilang rasa sakit yang bisa didapatkan di apotek

Untuk kulit wajah yang mengelupas karena penyakit atau kondisi tertentu dapat di atasi dengan:

  1. Jika mengelupas karena alergi, minumlah obat yang dapat meringankan reaksi yang timbul oleh alergi di toko obat
  2. Jika menderita eksim, lebih baik konsultasilah ke dokter untuk mengetahui apakah Anda memerlukan tindakan lebih lanjut
  3. Pengelupasan efek obat-obatan bisa diatasi dengan menghentikan penggunaannya. Namun konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menghentikan penggunaan.
  4. Untuk mengatasi penglupasan akibat penyakit genetic, konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
WAJIB BACA :  Karena Pakai Tato Henna, Kulit di Lengan Madison Jadi Melepuh Sampai Menggelembung!

Semoga Bermanfaat !

Baca Juga Awas. .Gunakan Krim Pemutih, Dapat Membuat Kulit Wajah Berambut Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here