Berita Terkini: Cuaca Jakarta Akan Jadi yang Paling Panas Akibat Equinox Besok?

0
842
Equinox
Copyright©MixBerita

Berita Terkini: Cuaca Jakarta Akan Jadi yang Paling Panas Akibat Equinox Besok?

Indowarta.com– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG ini telah memprediksi bahwa suhu di wilayah Jakarta ini akan lebih panas lagi dari pada wilayah yang lainnay di Indonesia. Hal ini akibat dari terjadinya fenomena alam yakni Equinox. Fenomena alam ini akan terjadi pada hari Selasa 21 Maret 2017.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto pada hari Senin 20 Maret 2017 ini telah mengatakan “Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celsius”. Sedangkan untuk wilayah lainnya akan berkisar dari 33 hingga 35 derajat celcius.

Yunus menjelaskan bahwa fenomena alam Equinox ini bisa menyebabkan distribusi cahaya di sekitar matahari ini akan relatif lebih signifikan lagi di sekitar ekuator. Hal ini menyebabkan permuakaan bumi yang relatif lebih panas lagi dari pada yang biasanya.

equinox
Copyrigth©The Weather Channel

Yunus menjelaskan bahwa akan tetapi peningkatan suhu yang terjadi di permukaan bumi ini tidak perlu dikahwatirkan. Hal ini karena kondisinya masih dalam batasan yang norman dan masiih dalam batasan biasa. Fenomena alam Equinox ini tidak akah mengabkibatkan peningkatan suhu udara yang sangat drastis dan juga ekstrem.

Menurut Yunus, rata-rata suhu di wilayah Indonesia ini pada saat periode Equinox ini berkisar dari 32 hingga 36 derajat celcius. Itu pun tergantung pada kondisi cauaca juga. Jika cuaca banyak berawan, maka suhu maksimalnya akan relatif tidak terlalu panas juga.

Equinox ini merupakan fenomena astronomi. Equinox ini merupakan peristiwa dimana posisi semu matahari ini tepat berada di atas garis khatulistiwa. Peristiwa alam Equinox ini merupakan peristiwa yang akan terjadi selama dua kali di dalam satu tahun ini. Peristiwa equinox ini akan terjadi pada diantara 20 Maret – 21 Maret dan juga pada tanggal 22 September – 23 September. Akibat peristiwa Equinox ini suhu permukaan bumi akan menjadi lebih panas lagi.

baca juga :

Banyak Dukungan, Ridwan Kamil Mantap Maju Pilgub Jabar?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY