Terik Equinox Mulai Terasa Pagi Ini di Jakarta!

    0
    221
    monas
    Copyrigth©Studio Fotto

    Terik Equinox Mulai Terasa Pagi Ini di Jakarta!

    Indowarta.com – Yunus S Swarinoto selaku Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menuturkan jika fenomena Equinox dapat menyebabkan distribusi cahaya dari matahari relative lebih signifikan di sekitar garis equator, sehingga kondisi permukaan bumu lebih panas daripada biasanya.

    Ia juga mengatakan jika fenomena tersebut bukanlah fenomena serupa dengan Heat Wave atau gelombang panas, yang juga terjadi di belahan bumi lain seperti Timur Tengah dan Afrika.

    Hary Tirto Djatmiko selaku Kepala Humas BMKG mengatakan jika fenomena ini terjadi ketika matahari bergerak tepat berada di equator atau garis khatulistiwa. Oleh sebab itu, ia mengaku jika fenomena equinox dapat dijadikan tanda untuk perpindahan musim.

    Yunus menuturkan jika fenomena alam tersebut terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Secara umum kondisi cuaca di Indonesia sekarang ini tengah lembab atau basah. Sejumlah wilayah sudah memasuki periode transisi atau pancaroba.

    Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa suhu di wilayah Ibu Kota Jakarta akan relatif lebih panas daripada wilayah lain yang berada di Indonesia dikarenakan fenomena equinox.

    equinox
    Copyrigth©The Weather Channel

    “Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celsius, sedangkan untuk wilayah lainnya berkisar antara 33-35 derajat Celsius” ucap Yunus S Swarinoto pada Senin (20/3).

    Ia juga menuturkan agar tidak perlu khawatir terhadap peningkatan suhu permukaan Bumi itu, pasalnya dari segi kondisi sendiri masih tetap dalam batasan yang normal dan biasa serta tidak berakibat pada peningkatan suhu udara yang lebih drastis dan ekstrem.

    Walaupun demikian pihak BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas, dengan meningkatkan daya tahan tubuh juga menjaga kesehatan keluarga dan juga lingkungan sekitar.

    Namun, himbauan tersebut tetap membuat beberapa masyarakat Indonesia khawatir. Sebagian dari mereka bahkan memiliki rencana untuk tidak keluar rumah ketika Equinox tengah terjadi seperti halnya warga Gorontalo.

    BACA JUGA Berita Terkini: Cuaca Jakarta Akan Jadi yang Paling Panas Akibat Equinox Besok?

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY