Berita Hari Ini : Jelang UN 2016, Peket Yogyakarta Menurun, Kemanan Soal Ujian Masih Melibatkan Pihak Kepolisian !

0
1187
UN 2016

Berita Hari Ini : Jelang UN 2016, Peket Yogyakarta Menurun, Kemanan Soal Ujian Masih Melibatkan Pihak Kepolisian !

indowarta.com– Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan oaket logistik UN 2016 Paper Based Test (PBT) untuk SMA di Gedung Olahraga Amongrogo. Ada dua petugas dari kepolisian yang menjaga paket dalam gedung tersebut.

Pada tahun ini DIY hanya menerima dua kontainer paket. Hal ini bisa dibilang merupakan penurunan jumlah paket untuk DIY. Pada tahun lalu DIY menerima enam kontainer yang mengirim paket tersebut. Kepala Disdikpora pun juga menjelaskan kalau jumlah paket UN 2016 PBT berkurang.

UN 2016

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar sekolah telah menggunakan UN 2016 berbasis computer. Kali ini DIY hanya menerima 17.800 paket logistik UN 2016 PBT. Rencananya paket itu akan dikirimkan ke 2.976 sekolah.

Sedangkan siswa yang mengikuti UN 2016 PBT sebanyak 120.304 siswa. Jumlah tersebut sudah termasuk kejar paket dan sekolah luar biasa.

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan bahwa kan mendistribusikan paket pada 2 April 2016 mendatang ke sekolah-sekolah di tingkat kota dan kabupaten yang sudah ditunjuk menjadi Kelompok Kerja (Pokja). Setelah itu baru Pokja akan mendistribusikan ke sekolah yang mengadakan UN 2016 PBT.

Untuk mencegah tertukarnya soal UN 2016, Aji mengaku sudah melakukan pengecekan pada saat paket datang. Dengan pengawasan hingga tingkat sekolah, akan memperkecil tingkat kesalahan.

Sementara itu di Solo, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo masih tetap menggunakan jasa polisi pada UN 2016 ini. Mulai dari pengambilan sampai pendistribusian ke subrayon akan tetap melibatkan jasa polisi. Namun jumlah personel polisi lebih sedikit.

Kepala Dinas Dikpora Solo menyatakan kalau soal UN 2016 itu akan disimpan di gedung SMN 2 kediri. Pendistribusian ke subrayon dilaksanakan pada hari minggu 12 April 2016. Sekolah yang sudah ditunjuk untuk menjadi subrayon adalah SMAN 1 Solo, SMKN2 dan SMKN 6.

UN 2016 dijalankan degan menggunakan dua sistem. Dua sistem tersebut adalah UN Berbasis Komputer (UNBK) dan UN Berbasis Kertas.

baca juga :

Berita Terkini: Ini Cara Sukses Hadapi Ujian Nasional (UN), Soal-Soal Sudah Didistribusikan Hingga Pulau Terluar Bengkulu!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here