Berita Terkini: Suhu Di Jakarta Nanti Akan Diprediksi Sampai 35.6 Derajat Celcius Saat Terjadi Equinox!

0
379
Equinox
Copyrigth©hello-pet

Suhu Di Jakarta Nanti Akan Diprediksi Sampai 35.6 Derajat Celcius Saat Terjadi Equinox!

Indowarta.com – Terkait dengan fenomena Equinox yang terjadi pada Selasa (21/3). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mmperkirakan jika suhu di wilayah Jakarta akan lebih panas jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Equinox sendiri merupakan fenomena astronomi, dimana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Fenomena ini merupakan peristiwa alami yang terjadi dua kali dalam kurun waktu setahun yakni sekitar 20-21 Maret dan 22-23 September.

Suhu maksimum tertinggi terjadi di wilayah Jakarta yakni dengan kisaran 35,6 derajat cecius. Sedangkan untuk wilayah lainnya di Indonesia berkisar 33-35 derajat celcius.

equinox
Copyright©Kicknews

Seperti yang di tuturkan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swaritno pada Senin (20/3), “Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum terukur yang tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta, dengan kisaran 35,6 derajat Celcius”.

“Sedangkan untuk wilayah lainnya berkisar antara 33-35 derajat Cecius,” tambahnya.

Selain itu juga dijelaskan jika fenomena Equinox sendiri dapat menyebabkan distribusi cahaya matahari yang relatif signifikan di sekitar ekuator, hal itu lah yang membuat kondisi permukaan bumu relatif menjadi lebih panas ketimbang biasanya.

Namun masyarakat dihimbau untuk tidak terlalu khawatir terkait dengan peningkatan suhu permukaan bumi tersebut. pasalnya kondisinya masih dalam batasan normal dan biasa. dan tidak mengakibatkan peningkatan suhu yang drastis dan ekstrem seperti kabar yang berita belakangan ini.

Pasalnya menurut Yunus, msuhu rata-rata di wilayah Indonesia pada saat fenomena Equinox ini terjadi berkisar antara 32-36 derajat celcius. Selain itu juga tergantung dengan kondisi cuaca. Jika banyak awan maka suhu maksimumnya relatif tidak terlalu panas.

Kendati begitu, masyarakat diharapkan tetap mengantisiasi kondisi yang cukup panas ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan keluarga serta lingkungannya.

Fenomena ini bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave atau gelombang panas yang terjadi di belahan bumi lainnya seperti pada Afrika dan Timur Tengah.

“(Bukan fenomena) yang dapat menyebabkan peningkatan suhu secara ekstrem dalam kondisi yang cukup lama,” tegasnya.

Baca Juga Terik Equinox Mulai Terasa Pagi Ini di Jakarta!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY