Zakir Naik Beri Kuliah Umum di UMY, Kampus Perketat Keamanan!

    0
    409
    zakir naik
    Copyrigth©Hidayatullah

    Zakir Naik Beri Kuliah Umum di UMY, Kampus Perketat Keamanan!

    Indowarta.com – Para peserta kuliah umum yang akan menghadirkan Zakir Abdul Karim Naik alias Zakir Naik selaku pendiri sekaligus Presiden Islamic Research Foundation (IRF) di India, pada 3 April 2017 diharuskan oleh pihak Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendaftar dengan menggunakan kartu identitas lain yang masih berlaku.

    Bagi peserta dari dalam atau internal UMY yang terdiri dari para mahasiswa, dosen beserta karyawan diharuskan mendaftar dengan menggunakan foto copy kartu identitas. Bahkan jika ada masyarakat umum dapat melakukan pendaftaran lewat online dengan cara mengunggah scan dari kartu identitasnya.

    “Ini untuk keamanan. Karena Zakir Naik orang yang populer sehingga perlu screening peserta,” ucap Ratih Hermingtyas selaku Kepala Biro Hubungan Masyarakat UMY dalam konferensi pers yang dilakukan di lobi rektorat Kampus UMY pada Senin, 20 Maret 2017.

    Ia juga menambahkan para peserta yang telah melakukan pendaftaran, akan mendapatkan sebuah barcode yang digunakan untuk tiket masuk dan dapat dikirimkan melalui email. Barcode itu harus dicetak oleh para peserta dan ditunjukkan bersama dengan kartu identitas yang berlaku dari pihak panitia pada hari H. Barcode akan diberikan jika peserta lolos proses verifikasi dari pihak panitia.

    Zakir Naik
    Copyrigth©indiatimes

    Ratih mengatakan bahwa telah ada sembilan alat untuk melakukan proses screening pada barcode yang telah disediakan. Usaha mengamankan acara Zakir Naik yang lain adalah dengan melarang para peserta untuk membawa atribut kelompok apapun.

    Dikarenakan acara tersebut adalah kuliah umum dan bukan forum yang berguna untuk menunjukkan keberadaan dari kelompok tertentu.

    Di sisi lain dikarenakan alasan keamanan, Ratih juga menuturkan bahwa pendaftaran dengan menunjukkan kartu identitas yang berlaku dikarenakan juga kuota peserta yang memang dibatasi hanya untuk enam ribu orang di Sportorium UMY. Peserta tersebut juga diharuskan untuk mengisi formulir tentang motivasi mereka mengikuti acara tersebut.

    Kehadiran Zakir Naik ke UMY, telah direncanakan sejak Maret 2016. Tetapi Zakir sendiri baru dapat hadir pada tahun 2017 untuk program Indonesian Visit 2017. Selain dari UMY ia juga akan diagendakan mengisi acara di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Universitas Darussalam (Unida) Gontor di Ponorogo dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

    BACA JUGA Berita Terkini: Zakir Naik Akan Dakwah 10 Hari di 6 Kota di Indonesia Ini!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here