Berita Terkini: Harus Selesai Sebelum Puasa, Sidang Ahok Siap digelar Seminggu 2 Kali!

0
462
sidang ahok
Copyrigth©Twitter

Berita Terkini: Harus Selesai Sebelum Puasa, Sidang Ahok Siap digelar Seminggu 2 Kali!

Indowarta.com – Majelis Hakim persidangan kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama meminta agar proses pemeriksaan saksi dalam perkara tersebut akan selesai dalam kurun waktu dua minggu ke depan.

Dwiarso Budi Santiarto selaku Ketua Majelis Hakim mengatakan jika permintaan tersebut muncul dikarenakan ada batasan waktu persidangan yang sudah diatur dalam Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA). Menurut aturan, sidang sebuah perkara tidak boleh dilakukan lebih dari lima bulan.

Setelahnya terjadi perdebatan seusai tim penasihat hukum meminta majelis hakim untuk menambah waktu persidangan. Alasannya, adalah terdakwa masih mempunyai saksi – saksi yang akan dihadirkan di sidang Ahok.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Dilema Pengunduran Diri Ahok dan Pelantikan Djarot Sebagai Gubernur DKI!

I Wayan Sudarta selaku kuasa hukum Ahok mengatakan bahwa pihaknya berniat menghadirkan 15 saksi dalam sidang selanjutnya, namun jumlah saksi tersebut dipercaya tidak akan tercapai jika sidang pemeriksaan saksi hanya tersisa dua kali lagi.

Tetapi, permintaan tersebut ditolak oleh majelis hakim. Majelis hakim pun juga menyatakan bahwa sidang Ahok tersebut waktunya tidak dapat diperpanjang lagi. Karena telah ada persetujuan jika kasus tersebut harus selesai sebelum masuk bulan suci Ramadan atau lima bulan saja.

Ia juga memberikan usulan agar sidang digelar dua kali setiap seminggu jika pihak kuasa hukum Ahok tetap bersikeras untuk menghadirkan 15 saksi tersebut.

Menurut majelis hakim, banyak sekali pertimbangan yang mewajibkan majelis untuk segera memutuskan perkara sebelum bulan puasa. Salah satunya mengenai sewa gedung persidangan juga kondisi lalu lintas yang sering macet setiap sidang Ahok digelar.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Dilema Pengunduran Diri Ahok dan Pelantikan Djarot Sebagai Gubernur DKI!
ahok
Copyrigth©Twitter

“Kita bersidang maraton, 2 kali per minggu. Soalnya kita dibatasi SEMA sidang tidak boleh dari lima bulan, sebelum puasa kalau bisa kita sudah putus. Kita juga kan gedung ini gedung orang, dan kita banyak diprotes masyarakat karena macet dan sebagainya,” ucap Dwiarso.

Perdebatan tersebut pun akhirnya mulai reda ketika penasihat hukum Ahok mengatakan akan mengikuti seluruh keputusan yang diberikan oleh majelis hakim.

Hari ini adalah sidang Ahok yang ke – 15 kasus penodaan agama, pada sidang kali ini dimulai dengan pemeriksaan saksi ahli yakni Ahli Bahasa dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Rahayu Surtiarti.

Sedangkan keadaan diluar gedung sidang, massa dari kubu pro dan kontra Ahok tengah menggelar aksi unjuk rasa, hingga kini aktivitas tersebut masih berlangsung aman.

BACA JUGA Berita Terkini: Pengacara akan Tayangkan Video Gus Dur dalam Sidang Ahok!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY