Berita Hari Ini : Menelisik Sejarah April Mop Yang Diwarnai Dengan Kisah Penipuan Sekaligus Pembantaian Menyedihkan !

0
1182
april mop

Berita Hari Ini : Menelisik Sejarah April Mop Yang Diwarnai Dengan Kisah Penipuan Sekaligus Pembantaian Menyedihkan !

indowarta.comApril mop diperingati sebagian besar orang di bumi ini pada 1 April. April mop sendiri adalaha suatu hari dimana seseorang diperbolehkan untuk berbohong, menipu, atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

Aksi tipu-tipu dan candaan terhadap orang lain yang bertujuan untuk membuat mereka malu sudah merupakan ciri khas di hari April mop ata April Fools Day. Namun hingga kini sejarah tentang April Mop masih belum pasti dan bersifat simpang siur. April mop masih menjadi misteri dikala masyarakat.

Di sejumlah Negara juga mempunyai versi April Mop yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa versi April Mop:

  1. Versi Perancis

Mulai pada tahun 1582, Perancis sudah mempertingati April mop ini. Pada saat itu masa pemerintahan Raja Charles IX. Kala itu Paus Gregory XIII meralat penganggalan yang sebelumnya dalam 1 tahun terdapat 10 bulan diubah menjadi 12 bulan.

Namun Rakyat Perancis menolak perbaikan tersebut. Para warga akhirnya tetap merayakan 1 April sebagai tahun barunya. Perayaan tersebut ditertawakan oleh sejumlah masyarakat dan ada yang meledek mereka dengan lelucon palsu.

  1. Versi Spanyol

Pada awalnya Spanyol merayakan Apri l mop pada 28 Desember yang mereka sebut dengan Dia de los Santos Inocentes. Namun perayaan itu diundur agar tidak menjai tertawaan publik.

april mop

  1. Versi Perang Salib

Versi ini menjelaskan bahwa perayaan April Mop adalah hari kemenangan tentara salib karena sudah membunuh ribuan umat Islam Spanyol dengan cara menipu. Dimasa itu tentara menipu umat muslim Spanyol dengan mengatakan bahwa mereka akan dibebaskan  dan dibawa keluar dari Spanyol dengan menaiki sebuah kapal. Bukannya dibebaskan, mereka justru dibunuh didalam kapal tersebut.

Dan masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa berita yang dirilis oleh media masa pada 1 April tersebut merupakan berita palsu. Salah satunya adalah pada 1 April 1946 terjadi gempa bumi disertai tsunami yang menimbulkan korban jiiwa sebesar 165 orang di Hawaii dan Alaska. Pada saat itu banyak orang yang meninggal dunia karena tidak percaya tentang berita akan kedatangan Tsunami tersebut.

baca juga :

Berita Hari Ini : Bukan April Mop, Tarif Listrik Turun, PT KAI Pasang Tarif Promo Selama Bulan April !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here