Berita Hari Ini : Spotify Dan Google Legal Di Indonesia, Kenapa Fb Twitter dan Netflix Kok Tidak ?

0
1224
spotify

Berita Hari Ini : Spotify Dan Google Legal Di Indonesia, Kenapa Fb Twitter dan Netflix Kok TidakĀ  ?

indowarta.comSpotify dan perusahaan lainnya yang menyediakan layanan Over The Top (OTT) seperti Google, Twitter, Netflix sedang didorong untuk berbadan hukum. Namun masih ada pengecualian.

Saat neflix hadir di Indonesia, Menteri Kominfo Rudiantara menegaskan mereka untuk berbadan hukum. Namun tidak begitu saat spotify datang. Rudiantara justru ikut meramaikan peluncuran spotify yang kini berkerjasama dengan Indosat Ooredo. Bahkan Rudiantara menyatakan bahwa spotify tak perlu berbadan hukum.

Hal tersebut jelas sangat bertolak belakang dengan kedatangan Netflix pada saat itu. Rudiantoro menyatakan tidak perlu BUT jika sudah berkerja sama dengan operator. Hal itu dinyatakan ketika peluncuran spotify Rabu kemarin.

Spotify berjalan diatas manufaktur milik operator. Dengan begitu spotify merupakan pelaku OTT yang sedang ingin ditata oleh pemerintah. Rudiantara menyebutkan ada beberapa hal yang dilakukan pelaku OTT seperti Facebook, Google atauĀ  Twitter jika mereka belum siap membentuk BUT (Bentuk Usaha Tetap).

Sedangkan selama ini BUT yang dimaksud dengan Rudiantara adalah agar kedua belah pihak yaitu Negara dan Perusahaan mencapai kondisi yang saling menguntungkan. Perusahaan tetap beroperasi di Indonesia sedangkan Negara juga kebgian pajak.

spotify

Menteri keuangan Bambang Brodjonegoro menjelaskan bahwa BUT harus diterapkan kepada perusahaan OTT seperti google, Facebook, Twitter, dan lain-lain pada akhir Februari lalu. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan OTT tersebut menjadi beban usaha di Indonesia sehingga mereka dapat dikenai pajak.

Alternatif lain apabila mereka tidak membuat BUT adalah dengan mengadakan joint ventur atau kerja sama dengan operator seluler. Spotify telah berkerja sama dengan Indosat Ooredo sehingga pajak terebut ditanggung oleh Indosat Ooredo.

Terkait hal tersebut, Rudiantara akan mengeluarkan surat edaran untuk melakukan konsultasi sebelum menandatangani Peraturan Menteri Penyelenggara Sistem elektronik dua hari mendatang. Dia menyatakan telah mengundang para perusahaan OTT besar, para operator, Kementria Keuangan dan BPKM agar mereka juga terlibat dalam proses kerbijakan ini.

baca juga :

Berita Hari Ini : Baru Masuk Di Indonesia Dan Langsung Gandeng Indosat, Cobain Spotify Yuuk !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here