Berita Terkini : Harga BBM Turun, Sopir Angkot Di Purwakarta Enggan Turunkan Tarif !

0
2544
harga BBM

Berita Terkini : Harga BBM Turun, Sopir Angkot Di Purwakarta Enggan Turunkan Tarif !

indowarta.comHarga BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi resmi turun pada hari ini 1 April 2016. Kini harga premium sebesar Rp 6.550 per lilter dan Rp 5.150 untuk solar per liter. Namun sangat disayangkan hal ini tidak diikuti dengan penurunan tariff angkutan kota.

Di Purwakarta, Jawa Barat sopir angkot masih menggunakan tariff lama yaitu sebesar Rp 4.000 untuk trayek dalam kota. Mereka memutuskan untuk menolak menurunkan tariff. Hal tersebut dikarenakan setoran mereka yang juga tidak berubah sebesar Rp 120.000,- per hari. Disamping itu sulitnya mencari penumpang juga menjadi faktor tersendiri.

Para sopir mengaku takut dipecat apabila setoran mereka kurang. Sedangkan sopir lain menyatakan meski harga BBM sudah turun, masih belum ada instruksi dari Organda untuk penetapan tariff resmi.

Disisi lain Jokowi dalam rapat terbatas dengan sejumlah menteri meminta agar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tariff angkutan umum diturunkan. Disana Jokowi juga menyindir pengusaha yang selalu menaikan tariff angkutan umum pada saat harga BBM naik, namun tidak mau menurunkan tariff ketika harga BBM turun.

Tak hanya Jokowi, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengancam akan mencabut ijin trayek angkutan umum jik tidak menurunkan tariff angkutan. Hal itu juga didukung oleh keputusan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang menetapkan penurunan tariff sebesar 3 persen menyusul turunnya harga BBM.

harga BBM

Dedi menyatakan akan mencabut ijin trayek angkutan umum yang tidak mengindahkan aturan yang di buat oleh menteri perhubungan itu. Dedi juga kerap dibuat geram oleh ulah Organda yang enggan menurunkan tariff pada saat harga BBM mengalami penurunan.  Tak hanya itu,Dedi juga meminta pemerintah untuk mengontrol harga kebutuhan pokok.

Namun hingga saat ini Dedi juga masih belum bisa menentukan kisaran penurunan tariff tersebut. Hal ini harus melalui perhitungan yang cermat. Penurunan harga BBM itu seharusnya juga diikuti dengan penurunan harga kebutuhan pokok agar dampak dirasakan oleh masyarakat luas.

baca juga :

Berita Hari Ini : Harga BBM Turun Per 1 April Besok, Kalangan Buruh Kok Malah Protes ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here