Berita Hari Ini : Kemendikbud Jamin Dan Yakin Soal UN 2016 Tak Akan Bisa Diretas !

0
1931
UN 2016

Berita Hari Ini : Kemendikbud Jamin Dan Yakin Soal UN 2016 Tak Akan Bisa Diretas !

indowarta.comРKemendikbud sudah mengantisipasi  peretasan soal UN 2016. Kepalla Pusat Pendidikan (Puspendik) Nizam mengatakan bahwa pelaksanann UNBK tahun ini pihaknya sudah berkerja sama dengan ITS, UI, UGM, dan ITB tak ketinggalan juga BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi).

Kemendikbud juga berkerja sama dengan kominfo sebagai antisapasi cybernya. Untuk kemanan koneksi saat sinkronisasi data, kemendikbud juga berkerja sama dengan sejumlah perusahaan telekomunikasi.

Hal ini juga sudah dipastikan oleh Menteri  pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan. Anies mengaku sudah melakukan antisipasi akan hal tersebut. Tidak akan celah yang ada untuk diretas.dia juga yakin kalau soal UN 2016 tertulis tidak akan kebocoran.

Sistem UNBK ini masih menggunakan sistem semi online. Soal dikirim lewat pusat (pemerintah) secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server local (sekolah).Kemudian siswa akan dilayanai server secara offline. Setelah UN 2016 selesai, hasil ujian dikirim lagi ke pusat.

UN 2016

Selain itu, Anies Baserdan juga meminta pihak PLN untuk menstabilkan pasokan listrik agar UN 2016 berjalan dengan lancar. Anies meminta kepada PLN apabila ada sekolah yang terkenal giliran pemdaman, maka jangan dulu, tunda dulu setidaknya hingga UN 2016 selesai.

Tidak hanya itu, Anies juga meminta sekolah untuk menyediakan mesin pembangkit listrik. Meskio antisipasi sudah dilakukan, alangkah lebih baik jika sekolah juga menyediakn mesin pembangkit listrik.Tentunay Anies juga berharap tidak ada gangguna sama sekalli, ini hanya tindakan antisipasi.

Namun demikian peserta UNBK tidak perlu khawatir jika memang lilstrik terputus mendadak. Mereka tidak akan mengulangi dari awal lagi untuk mengerjakan soal, karena jawaban sudah tersimpan otomatis di server.

Dengan begini diharapkan akan mengurangi tingkat kecurangan siswa. Ya memang seharusnya tidak ada kecurangan dalam UN 2016 ini. Namun kecurangan tersebut seakan sudah menjadi budaya generasi muda kita. Mereka lebih mementingkan hasil dari pada rasa kejujuran. Semoga generasi kita bisa menjadi lebih baik.

baca juga :

Berita terkini: UN (Ujian Nasional) 2016 Berbasis Komputer, Surabaya Tak Libatkan Polisi!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here