Berita Hari Ini : Dishubtrans DKI Ancam Akan Bekukan Izin Angkutan Umum Jika Tak Turunkan Tarif Pasca Harga BBM Turun !

0
1854

Berita Hari Ini : Dishubtrans DKI Ancam Akan Bekukan Izin Angkutan Umum Jika Tak Turunkan Tarif Pasca Harga BBM Turun !

indowarta.comHarga BBM Resmi turun pada 1 April 2016 kemarin. Namun hal itu tidak dibarengi dengan penurunan tariff angkutan umum. Sehubungan dengan itu, Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta memberikan ancaman akan membekukan izin trayek angkutan umum yang enggan menurunkan tarifnya.

Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Andri Yansyah menyebutkan bahwa tariff angkutan umum kelas ekonomi turun sekitar Rp 300 – Rp 500 seiring denga penurunan harga BBM. Hal itu merupakan hasil rapat pihak Dishubtrans, Organda, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ)m Biro Perekonomian dan Biro Hukum pada 1 April 2016.

harga bbm

Hasil rapat tersebut juga telah disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok. Hasil tersebut ditandatangani Ahok pada 2 April 2016 dan mulai berlaku hari ini.

Minggu 3 April 2016, Andri Yansyah menyebutkan kalau masih ada angkutan yang belum menurunkan tarifnya, kami akan hentikan operasionalnya dan bekukan izin trayeknya. Hal itu merupakan pelanggaran berat.

Angkutan umum kelas ekonomi dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Bus kecil (angkot) tariff sebelumnya Rp 3.500 menjadi Rp 3.000
  2. Bus sedang tariff sebelumnya Rp 3.800 menjadi Rp 3.500
  3. Bus besar tariff sebelumnya Rp 3.800 menjadi Rp 3.500

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan juga menyebutkan kalau penurunan tarfi tersebut telah disepakati. Yang terpenting Pemprov DKI Jakarta lebih bijak dalam mengeluarkan kebijakan pengendallian lalul lintas.

Shafruhan juga menyebutkan kalau para operator itu sebenarnya mau diatur apalagi sistem ruiah per kilometer, tapi dengan pendekatan bijak. Bukan ribut terus-terusan di media dan mengancam akan mematikan izin trayeknya.

Penurunan harga BBM memang dinilai masih belum terlalu signifikan. seharusnya masyarakat dan pihak-pihak terkait bisa menanggapi penurunan harga BBM ini dengan lebih bijak. Penurunan harga BBM ini disebabkan karena harga minyak dunia yang sedang mengalami tren menurun.

baca juga :

Berita Hari Ini : Harga BBM Turun Per 1 April Besok, Kalangan Buruh Kok Malah Protes ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here