Berita Terkini: Menteri Amran Pastikan Harga Cabai Akan Terkendali Saat Bulan Ramadhan!

0
482
cabai
Copyrigth©liputan6

Berita Terkini: Menteri Amran Pastikan Harga Cabai Akan Terkendali Saat Bulan Ramadhan!

Indowarta.com – Amran Sulaeman selaku Menteri Pertanian memastikan ketersediaan bahan pangan utamanya untuk cabai di bulan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri akan tetap terjaga. Kementerian Pertanian juga akan mengendalikan pasokan guna menjaga agar harga cabai tidak naik kembali.

Amran pun menceritakan, harga cabai rawit merah mencapai puncak harga pada pertengahan Februari 2017 hingga mencapai harga Rp 150 ribu per kilogram (kg). Sementara itu, harga normal dari cabai rawit merah telah berada di tingkat normal yakni pada harga kisaran Rp 50 ribu per kg.

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Jawa Tengah, Semarang, Sukoharjo harga cabai yang turun mencapai Rp 50 ribu per kg dari sebelumnya yakni Rp 70 ribu per kg. Di Jawa Timur, Malang, Magetan, Tuban dan Lamongan harga ada kisaran Rp 45 ribu per kgnya sampai Rp 50 ribu per kg.

Naiknya harga cabai sampai dengan awal tahun 2017 tidak lepas dari faktor cuaca yang memiliki dampak produksi dan pasokan.

cabai
Copyrigth©liputan6

“Melambungnya harga cabai disebabkan faktor alam, intensitas hujan yang tinggi sehingga petani tidak di anjurkan untuk memanen di musim hujan karena akan berdampak langsung terhadap kualitas,” ucapnya di keterangan tertulis pada Sabtu (1/4).

Guna menormalkan harga cabai mengenai sedikit pasokan di musim hujan, Kementerian Pertanian akan melancarkan program pembagian gratis 10 juta bibit cabai kepada masyarakat. Pembagian ini akan langsung diberikan kepada masyarakat atau lewat organisasi kewanitaan serta Kelompok Wanita Tani (KWT).

Tujuan dari program tersebut adalah untuk mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk membudidayakan cabai atau menggunakan polybag guna memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Di sisi lain program pembagian bibit gratis ini, pihak Kementerian Pertanian juga tengah mempersiapkan program pola tanam cabai per wilayah. Program tersebut bertujuan agar daerah yang surplus akan menyuplai daerah yang defisit.

BACA JUGA Harga Cabai Rawit Merah Turun Jadi Rp 10.000 Sampai Rp 20.000 Per Kilogram!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here