Berita Terkini: Berkenalan dengan Kartin1, Kartu Ajaib Uang Bisa Menjadi NPWP, KTP Sampai dengan SIM!

0
643
kartin1
Copyrigth©Kompas

Berita Terkini: Berkenalan dengan Kartin1, Kartu Ajaib Uang Bisa Menjadi NPWP, KTP Sampai dengan SIM!

Indowarta.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak resmi mengeluarkan platform Kartin1 pada hari Jumat (31/3) malam. Lewat platform tersebut, kartu identitas khusus dapat menjadi kartu multi identitas. Di peluncuran awal tersebut, pihak Ditjen Pajak bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang berhasil dimasukkan ke platform Kartin1 pun diperkenalkan ke hadapan publik. Lalu bagaimana tampilannya.

Kartu ini tentu saja dari segi tampilan masih persis layaknya kartu BPJS Ketenagakerjaan. Karena katu ini memang kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, yang membedakan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah dimasukkan dalam platform Kartin1 tersebut mempunyai logo Kartin1 di sudut bawah kartu.

kartin1
Copyrigth©Kompas

Warna dari logo yang dipilih adalah warna merah. Di sisi lain kartu Kartin1 pihak BPJS Ketenagakerjaan, Ditjen Pajak juga memperkenalkan kartu NPWP Kartin1. Dari sudut warna, pihak Ditjen Pajak memilih warna krem.

Sedangkan dari sisi desainnya, dapat dibilang bahwa tampilannya sederhana hanya dengan peta kepulauan Indonesia yang berwarna merah nampak di tengahnya. Dan tidak lupa logo Kartin1 yang berada di bagian pojok kiri atas kartu tersebut.

Iwan Djuniardi selaku Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak menerangkan bahwa pihaknya tidak dapat menyebutkan akan seberapa banyak kartu yang telah dimasukkan dalam platform Kartin1 tersebut akan dikeluarkan.

Karena penyedia kartu tersebut adalah perusahaan atau instansi yang nantinya akan bergabung dengan program tersebut.

Untuk saat ini, baru BPJS saja yang telah mendeklarasikan untuk turut serta dalam program baru ini. Jika nantinya akan banyak perusahaan yang juga turut bergabung, maka dapat dipastikan bahwa fungsi dari Kartu Kartin1 akan menjadi kartu multi identitas mulai dari NPWP, Kartu BPJS, KTP dan juga menjadi Surat Izin Mengemudi sekalipun.

Pada tahap awal, masyarakat akan mendapatkan kartu ini lewat perusahaan maupun instansi yang akan bergabung dengan program tersebut. Karena pihak Ditjen Pajak tidak menyediakan kartu ini tetapi hanyalah menyediakan aplikasi guna memudahkan layanan dari kartu tersebut.

BACA JUGA Berita Terkini: BPJS Ketenagakerjaan Raih Enam Penghargaan pada ICCA Award 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here