Berita Terkini: Sekjen FUI, Muhammad Al-Khaththath Ditetapkan Jadi Tersangka, Pengacara Ajukan Praperadilan!

0
1127
khaththath
Copyrigth©lampungupdate

Berita Terkini: Sekjen FUI, Muhammad Al-Khaththath Ditetapkan Jadi Tersangka, Pengacara Ajukan Praperadilan!

Indowarta.com – Pihak pengacara dari Sekretaris Jenderal Forum Ulama Indonesia (FUI) Muhammad Al Khaththath menuturkan akan mengajukan praperadilan berkenaan dengan penetapan status tersangka pada kliennya tersebut. Al Khaththath sendiri ditahan atas kasus dugaan pemufakatan makar.

“Langkah hukum ke depan, hak klien kami kan ada untuk mempraperadilankan,” ujar Achmad Michdan selaku Ketua Tim Pembela Muslim yang juga mendampingi Al Khaththath dalam proses pemeriksaan di Mako Brimob, Depok pada Sabtu (1/4).

Dengan mengajukan praperadiln Michdan mengatakan dilakukan untuk menguji sangkaan pihak kepolisian terhadap sang klien. Selain Al Khaththath, polisi juga menahan serta menetapkan 4 orang tersangka yang lain. Empat tersangka tersebut adalah Zainudin Arsyad, Irwan, Veddrik Nugraha alias Dikho serta Mar’ad Fachri.

“Menguji pasal yang menurut hemat kami sering dijadikan acuan untuk menjerat suatu tindakan yang relatif, yang masih perlu dipertanyakan. Misalnya kalau makar itu kan harus ada persiapan-persiapan yang berkaitan dengan makar,” tambah Michdan.

Sekretaris Jenderal FUI sendiri ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka seusai menjalani proses pemeriksaan yang dilaksanakan di Mako Brimob. Ada 34 pertanyaan berkenaan dengan aksi 313 serta dugaan makar yang diajukan kepada Al Khaththath. Beberapa barang bukti pun juga turut disita oleh pihak kepolisian.

khaththath
Copyrigth©lampungupdate

“BB (barang bukti) yang disita beberapa dokumen yang memang berada di mobil ustaz Al-Khaththath, spanduk, pamflet, dua laptopnya, handphone dan uang sejumlah kurang lebih Rp 18 juta, Rp 1 juta di dompet, Rp 17 juta di tas,” ucap Michdan.

Menurut Michdan, penahan dilakukan karena  polisi menerangkan bahwa mereka memiliki cukup bukti terkait sangkaan yang dikenakan pada Al Khaththath dan juga empat tersangka yang lainnya.

“Ini hak diskresinya kepolisian, menangkap mengatakan cukup bukti dengna pendalaman petanyaan khususnya ustaz Al-Khaththath,” imbuhnya.

Sebelumnya, Muhammad Al Khaththath sendiri ditangkap oleh pihak kepolisian ketika dirinya berada di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat. Ketika itu ia tengah tidur bersama dengan sang istri sekitar pada pukul 02.00 WIB dini hari.

BACA JUGA Berita Terkini: Al-Khaththath Dicecar 34 Pertanyaan Berkaitand Dengan Aksi 313!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY