Berita Terkini: Begini Kronologi Longsor di Ponorogo Menurut BNPB!

0
319
longsor di ponorogo
Copyrigth©Twitter

Berita Terkini: Begini Kronologi Longsor di Ponorogo Menurut BNPB!

Indowarta.com – Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan kegiatan pencarian korban tanah longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur pada Sabtu (1/4) pagi kemarin lusa.

Longsor di Ponorogo ini menelan korban, sebanyak 2 orang dilaporkan meninggal sedangkan 28 yang lainnya masih dalam pencarian. Kemungkinan angka korban yang meninggal masih akan terus bertambah.

Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menerangkan bagaimana kronologi dari longsor di Ponorogo tersebut. Penjelasan tersebut ia terangkan dalam jumpa pers yang digelar di Graha BNPB, Jl Pramuka Raya, Jakarta pada Minggu (2/4).

Berdasarkan keterangan dari Sutopo sebelum terjadi longsor di Ponorogo pada Sabtu (11/3) masyarakat Ponorogo telah menemukan tanda – tanda berupa retakan yang berukuran 30 cm di tebing Banaran, tanda – tanda tersebut pun akhirnya di laporkan ke pihak kepolisian. Kemudian laporan kepada pihak kepolisian tersebut dalam perkembangan semakin meluas dan melebar.

longsor
Copyrigth©Twitter

Kemudian pada Jumat (17/3) retakan dari tebing Banaran tersebut semakin menjadi panjang dan juga meluas hingga sekitar 9 meter. Selanjutnya pada Rabu (26/3) retakan tersebut kembali meluas menjadi kurang lebih 15 meter.

Pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo juga telah melakukan antisipasi guna mensosialisasikan dan mendirikan Posko bencana alam.

Setelahnya, menurut keterangan warga, mereka telah mengungsi ke rumah Kepala Desa Banaran karena retakan yang mulanya 15 meter tersebut kini sudah melebar lagi hingga 20 meter. Tetapi hujan terus turun di sekitar kawasan Ponorogo. Yang mengakibatkan, air hujan masuk ke dalam dan ada lapisan batuan dasar atau kapur.

Dan pada Sabtu (1/4) walaupun warga sudah mengungsi, warga tetap kembali untuk menghuni rumah mereka masing – masing karena mereka harus melakukan panen jahe. Kerika itu, penduduk mendengar adanya suara gemuruh disertai dengan asap, yang membuat seluruh warga lari berhamburan guna menuju lokasi yang lebih aman.

Pada saat itulah longsor di Ponorogo terjadi, kejadian tersebut berlangsung kira – kira pada pukul 07.40 WIB pagi.

BACA JUGA Berita Terkini: Banjir dan Longsor di Peru, 67 Orang Tewas 70 Ribu Lainnya Mengungsi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY