Berita Hari Ini : Kapankah Reshuffle Kabinet Benar Benar Akan Segera Dilakukan Oleh Jokowi ?

0
1355
reshuffle kabinet

Berita Hari Ini : Kapankah Reshuffle Kabinet Benar Benar Akan Segera Dilakukan Oleh Jokowi ?

indowarta.comReshuffle kabinet kerja Jokowi kian marak terdengar akhir-akhir ini. Walaupun tujuan dari reshuffle kabinet kerja ini adalah untuk memperbaiki kinerja pemetintah, tak bisa dipungkiri juga kalau reshuffle kabinet kerja erat hubungannya dengan konsolidasi politik.

Hanta Yuda yang merupakan pengamat politik dari poltracking Indonesia menyebutkan kalau perombakan ini terus mundur dikarenakan adanya tarik menarik antar partai politik yang mengulur-ulur waktu. Jikalau karena rapor kinerja menteri saja, pasti pak Presiden sudah mendapatkannya.

Hanta Yuda juga mengatakan kalau Presiden sudah memiliki perangkat yang lengkap untuk mendapatkan catatan kinerja para menterinya. Tidak sulit bagi pak Presiden untuk memberi nilai rapor bagi para pembatunya di pemerintahan. Hanta Yuda juga menyebutkan kalau reshuffle kabinet ini juga merupakan ujian berat bagi Jokowi.

WAJIB BACA :  Istana Negara Tepis Isu Reshuffle Kabinet!

Namun disamping itu, masih adalah permasalahan yang timbul yaitu konsolidasi politik. Hal ini merupakan masalah yang tidak bisa dikesampingkan. Menrutu Hanta Yuda reshuffle kabinet ini adalah kombinasi dari dua hal yaitu perbaikan kinerja dan performa pemerintahan. Tak hanya itu, harus ada juga konsolidasi politik.

Untuk saat ini, Presiden dinilai masih menitik beratkan pada poin yang pertama yaitu perbaikan kinerja dan performa. Diharapkan agar Presiden tidak terpengaruh dengan konsolidasi poliltik dimana ketika sejumlah Parpol gencar melakukan komunikasi untuk bergabung dalam koalisi.

reshuffle kabinet

Walaupun reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden, Hanta Yuda yakin kalau Jokowi tidak akan mengambil keputusan tanpa berkomunikasi dengan para pemimpin Parpol. Perombakan peningkatan kinerja menteriĀ  merupakan hal yang harus diprioritaskan. Terdapat sejumlah pos kementrian yang menunjukkan kinerja kurang optimal.

WAJIB BACA :  Istana Negara Tepis Isu Reshuffle Kabinet!

Beberapa kelemahan menteri perlu dijadikan catatan untuk Jokowi untuk mengganti menterinya. Diantara kelemahan tersebut adalah menteri yang tidak memiliki komunikasi politik yang baik, tidak memiliki kemampuan koordinasi yang baik, dan menteri yang sibuk dengan agenda poltiiknya sendiri.

Menurut hasil survei, Kementrian Bidang Ekonomi mendapat penilaian yang paling rendah. Tetapi tetaplah yang valid berada di catatan yang dipegang oleh Jokowi.

baca juga :

Berita Hari Ini : Tak Jadi Dinaikkan, Presiden Jokowi Batalkan Kenaikan BPJS Kesehatan Kelas III !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here