Berita Terkini: Sudah 4 Bulan Berlalu, Bagaimana Kabar Kasus Makar Jilid 1?

0
704
Makar
Copyrigth©liputan6

­­­Berita Terkini: Sudah 4 Bulan Berlalu, Bagaimana Kabar Kasus Makar Jilid 1?

Indowarta.com- Sebanyak lima orang telah ditangkap dengan tudingan pemufakatan makar menjelang pelaksanaan aksi 313 yang sudah dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2017 kemarin. Pada hari Jumat dinihari mereka telah ditangkap di waktu dan juga tempat yang berbeda-beda.

Peristiwa ini telah mengingatkan kita terhadap penangkapan yang telah dlakukan oleh 11 aktivis dan juga tokoh nasional yang telah ditangkap pada hari Jumat dini hari juga. Mereka juga diduga telah melakukan pemufakatan makar. Mereka ditangkap menjelang digelarnya aksi 212 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2016.

Lalu bagaiman kabar dari dugaan makar yang sempat mendapatkan sorotan di dunia tersebut? Kasus dugaan makar ini telah menyeret nama putri presiden Soekarno yakni Rachmawati Soekarnoputri dan juga beberapa aktivis yang lainnya ini nampaknya mulai luput dari pemberitaan.

Sudah hamper satu bulan ini penyidik dari Polda Metro Jaya ini sudah tidak lagi memeriksa saksi terkait dengan kasus dugaan makar. Sementara itu kejaksaan tinggi DKI Jakarta ini juga masih belum menerima pelimpahan berkas dari penyidik.

Dengan begitu, maka tidak heran apabila publik ini telah menduga bahwa kasus ini memang sengaja di tenggelamkan. Bahkan tidak sedikit juga bahwa yang menduga bahwa kasus ini telah dihentikan. Namun Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono telah membantah mengenai dugaan tersebut.

Makar
Copyrigth©ilustrasi

Pada hari Senin 27 Maret 2017 Argo mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan atau SP3. Argo menegaskan bahwa pada saat ini kasus makar ini masih di dalam proses pemberkasan. Namun dirinya sendiri masih belum bisa memberikan kepastian mengenai kapan berkas itu akan dilimpahkan ke kejaksaan. Argo mengatakan “Sedang kita tata. Kita kan masih koordinasi terus dengan jaksa”.

Sebanyak 11 orang yang telah ditangkap itu kini dijerat dengan pasal Pasal 107 jo 110 jo 87 KUHP tentang Pemufakatan Makar. Mereka adalah Rachmawati Soekarnoputri, Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, Eko, dan Alvin Indra.

baca juga :

Berita Terkini: Polisi Beberkan Berkas Kasus Sri Bintang Pamungkas Dkk dalam Kasus Makar Hampir Selesai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here