Berita Terkini: Salah Ketik di Mahkamah Agung, Pemilihan Pimpinan DPD Jadi Terbelah!

0
403
ruang dpd
Copyrigth©EMPAT PILAR MPR

Berita Terkini: Salah Ketik di Mahkamah Agung, Pemilihan Pimpinan DPD Jadi Terbelah!

Indowarta.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan menggelar rapat paripurna pada siang ini, agenda yang dalam rapat yaitu pembacaan putusan oleh pihak Mahkamah Agung (MA) mengenai pembatalan tata tertib soal pemangkasan masa jabatan pimpinan DPD.

“Sidang tetap berjalan sekitar pukul 13.00 WIB. (Agenda) penyampaian putusan MA dan hal lain sebagai konsekuensi, misalnya kalau ada masalah perpanjangan waktu pimpinan. Kalau pemilihan tidak,” ucap Farouk Muhammad selaku Wakil Ketua DPD pada Senin (3/4).

Farouk sendiri menerangkan bahwa tidak akan ada pemilihan pimpinan DPD di sidang paripurna pada hari ini. Ia menuturkan bahwa hasil dari rapat panitia musyawarah (pamus) kemarin masih ada kubu yang setuju dan juga tidak setuju untuk menolak putusan dari Mahkamah Agung.

WAJIB BACA :  MA Cabut Aturan Soal Transportasi Online!

“Ada yang kelompok yang tetap mempersoalkan putusan MA. Kelompok pendukung 2,5 tahun alasannya mempersoalkan kesalahan penulisan MA, menggugurkan seluruh putusan MA. Bahkan, mereka beranggapan kita tidak harus melaksanakan putusan MA,” ungkap Farouk.

ruang rapat dpd
Copyrigth©detikNews

Putusan dari MA yang menjadi persoalan adalah kesalahan dari penulisan DPD menjadi DPRD serta penulisan Tatib No 1/2016 menjadi UU No 1/2016. Sedangkan masih tetap ada kelompok yang setuju dengan keputusan MA dikarenakan memiliki kekuatan hukum.

Sedangkan dr Delis J Hehi seorang senator yang berasal dari Sulawesi Tengah mengatakan bahwa pemilihan pimpinan DPD dapat berkembang pada rapat paripurna yang akan diselenggarakan pada pukul 13.00 WIB siang ini.

Tetapi dirinya juga membenarkan pihak panitia musyawarah yang memutuskan agenda dari rapat paripurna khususnya terkait menyikapi putusan Mahkamah Agung.

WAJIB BACA :  MA Cabut Aturan Soal Transportasi Online!

Delis yang juga setuju dengan pemilihan pimpinan DPD menuturkan bahwa SK Ketua DPD M Saleh habis pada tanggal 31 Maret lalu, dan diperpanjang sampai dengan 2 April 2017. Sedangkan untuk Hemas serta Farouk Muhammad selaku Wakil Ketua DPD, SK nya berlaku sampai lima tahun.

Sebelumnya, seusai MA membatalkan tata tertib mengenai pemangkasan masa jabatan pimpinan DPD, Pamus menggelar rapat selama sehari pada hari Minggu (2/4).

“Dari pagi rapatnya, masih terus. Agenda bicara tentang terkait sidang paripurna besok, apakah lanjut sesuai agenda. Kedua terkait putusan MA itu,” ucap Delis pada Minggu (2/4).

BACA JUGA Berita Terkini: Andika Kangen Band Dilantik Jadi Wakil Ketua DPD Partai Demokrat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here