Berita Terkini: Inilah 3 Nama Calon Hakim MK yang Akan Dipilih Oleh Jokowi!

0
384
mahkamah konstitusi
Copyright©Kompas

Berita Terkini: Inilah 3 Nama Calon Hakim MK yang Akan Dipilih Oleh Jokowi!

Indowarta.com – Panitia Seleksi (Pansel) sudah memilih sebanyak tiga nama sebagai calon hakim Mahkamah Agung . Satu orang yang terpilih tersebut akan menggantikan posisi dari Patrialis Akbar. Tiga nama tersebut telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Kami sudah menyampaikan ke Presiden tiga nama,” ucap Harjono setalah menghadap Presiden Joko Widodo ketika berada di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (3/4).

Tiga nama calon Hakim MK tersebut, secara urutan peringkat yaitu pada urutan pertama Andalas Saldi Isra selaku Guru Besar Universitas, dan di posisi kedua ada Bernard L Tanya selaku Dosen Universitas Nusa Cendana, dan yang terakhir adalah Wicipto Setiadi yang juga purna tugas dari Kementerian Hukum dan  HAM.

“Presiden selanjutnya akan menetapkan dari tiga nama itu,” ucap Harjono.

Menurut Harjono, Presiden belum menyampaikan siapa nama tersebut. Ada kemungkinan bahwa pengumumannya akan disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara.

hakim mk
Copyright©Suara Pembaruan

“Presiden belum menyampaikan ke kita siapa. nanti mungkin pengumumannya dari Mensesneg. Saudara menunggu, saya menunggu karena itu adalah kewenangan Presiden,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan dari Harjono, Presiden mempunyai waktu sampai 7 hari untuk memilih serta melantik satu dari tiga nama calon Hakim MK tersebut. Adapun dalam memilih tiga nama tersebut, panitia seleksi akan mengutamakan integritas sebagai kriteria utamanya.

Pada awalnya, ada 45 nama yang mendaftarkan diri sebagai calon Hakim MK. Tetapi dalam seleksi administrasi nama tersebut berkurang hingga menjadi sebanyak 12 orang. Setelah diadakan seleksi wawancara sampai akhirnya menjadi 3 nama saja.

Calon Hakim Mahkamah Agung yang nantinya terpilih akan menggantikan posisi dari Patrialis Akbar yang diringkus oleh pihak Komisi Pemberantasa Korupsi akibat kasus suap yang diduga diterimanya.

Di sisi lain, Peneliti Indonesia Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar berharap agar calon hakim MK pengganti dari Patrialis Akbar yang nantinya akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo dapat memberikan perubahan pada Mahkamah Konstitusi.

Hal tersebut untuk mengembalikan citra luhur MK yang beberapa waktu belakangan ini tergerus karena beberapa masalah.

BACA JUGA Berita Terkini: Begini Jadinya Jika Mahkamah Konstitusi Tanda Apadanya Sosok Patrialis Akbar !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here