Berita Terkini: Tertimbun Sampai 17 Meter, 26 Korban Longsor di Ponorogo Sulit Dievakuasi!

0
792
Longsor Ponorogo
Copyright©bisnis

Berita Terkini: Tertimbun Sampai 17 Meter, 26 Korban Longsor di Ponorogo Sulit Dievakuasi!

Indowarta.com– Sebanyak dua dari 28 korban tanah longosr di Dukuh Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur pada hari Sabtu 1 April 2017 ini telah berhasil ditemukan. Dua korban yang sudah berhasik ditemukan ini adalah Katemi 70 tahun dan juga Irwan yang berusia 30 tahun. Sementara itu untuk 26 korban yang lainnya hingga hari ini 3 April 2017 masih belum berhasil ditemukan dan masih terus dilakukan upaya pencarian korban.

Gubernur Jawa Timur yakni Soekarwo ini telah menyebutkan bahwa para korban ini telah tertimbun longsong Ponorogo sedalam 17 meter. Alat berat eskavator ini agak kesulitan dalam melakukan pengerukan karena posisi tanah bekas longsoran ini dalam kondisi yang miring.

Longsor Ponorogo
Copyright©bisnis

Soekarwo di Gedung Grahadi Surabaya pada hari Senin 3 April 2017 ini telah mengatakan “Sebelum bencana itu terjadi, hari Sabtu, tanggal 1 (April), sekitar jam (pukul) 07.30 sampai jam 08.00 itu terjadi longsor”.

Soekarwo mengatakan bahwa sebenarnya sendiri ini seminggu sebelum insiden ini terjadi warga sudah diungsikan terlebih dahulu karena telah terjadi penurunan tanah hingga 15 cm di sekitar tempat tinggal mereka.

Soekarwo mengatakan “Tapi hari Sabtu itu, karena mau panen jahe, (warga) naik. Sebelumnya masih satu minggu dia berada di pengungsian, di tempatnya Pak Kepala Desa. Bahkan kita cek itu kemarin, persiapan pengungsi itu makan apa? Gotong royong masyarakat sekitarnya”.

Proses evaksuasi ini masih belum diberhentikan mengingat masih banyak korban yang masih belum ditemukan. Soekarwo menjelaskan “Bahkan yang paling, korban yang (tertimbun longsor) paling dalam, sekitar 17 meter yang dikasih tanda kemerah-merahan kemarin”. Karena berada di dalam posisi yang sangat dalam itu, sebanyak 26 korban longsor Ponorogo ini masih belum berhasil ditemukan.

Seperti yang telah diketahui bahwa telah terjadi tanah longsor di Dukuh Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung pada tanggal 1 April 2017 kemarin. Pasca kejadian, data mengenai korban ini masih simpang siur.

baca juga :

Berita Terkini: Proses Evakuasi Korban Longsor di Ponorogo yang Berlangsung Kurang Lancar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here