Berita Hari Ini : Ratusan Massa Tuntut KPK Segera Periksa Ahok Dalam Kasus Reklamasi Teluk Jakarta !

0
1076
reklamasi teluk jakarta

Berita Hari Ini : Ratusan Massa Tuntut KPK Segera Periksa Ahok Dalam Kasus Reklamasi Teluk Jakarta !

indowarta.comReklamasi Teluk Jakarta rupanya akan menjadi lebih menarik lagi. Pasalnya ratusan masa tuntuk KPK untuk memeriksa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama allias Ahok dalam kasus reklamasi teluk Jakarta. Ahok diduga ikut serta dalam kasus dugaan korupsi Raperda Reklamasi Pantai DKI Jakarta.

Kasus reklamasi ini terkait dengan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi. Sanusi diamankan KPK bersama dengan Sekretaris Direktur PT. Agung Podomoro Land (PT. APL) Berlian, dan karyawan PT. APL Trinanta Prihantoro pada hari Kamis, 31 Maret 2016 lalu. KPK berhasil mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 1,14 miliar.

Senin 4 April 2016 ratusan masa berorasi di depan kantor KPK. Dalam orasinya, orator menyebutkan bahwa Sanusi ditangkap dan legislatif pasti berhubungan dengan eksekutif. Eksekutifnya siapa? Ahok.

Usai menjalani rangkaian pemeriksaan KPK, Trinanta dan Sanusi ditetapkan sebagai tersangkan dalam kasus Reklamasi Teluk Jakarta ini. Tak hanya itu, KPK juga mengamankan Direktur PT. APL Ariesman Widjaja sebagai tersangka. Ariesman diduga menjadi inisiator dan menyuap Sanusi sebesar Rp 2 miliar.

reklamasi teluk jakarta

Uang suap diduga untuk memuluskan PT. APL untuk mempengaruhi proses pembahasan Raperda yang akan dibahas oleh Sanusi. Raperda pertama berisi tentang rencanan zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di provinsi Jakarta tahun 2015-2035. Raperda yang kedua berisi tentang rencana tata ruang kawasan strategis pantai di Jakarta Utara.

Dalam orasi tersebut, pengunjuk rasa yang terdiri dari beberapa gabungan organisasi masa ini menuding Ahok  melakukan korupsi. Mereka menuding melanggar beberapa peraturan dalam kasus pembelian lahan RS Sumber Waras yang merunur Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merugikan Negara sebesar Rp 191 miliar.

Ahok dituding menyelewengkan pembelian lahan untuk pembangungn rumah sakit pemerintah seluas 3,7 hektar. Pada saat itu BPK menemukan perbedaan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di lahan sekitar RS Sumber Waras. Dalam laporannya BPK meminta Ahok untuk membatalkan pembelian itu, namun Ahok tetap bersikeras dan membeli lahan itu.

baca juga :

Berita Terkini: Teman Ahok Tempati Aset Pemda Untuk Markas, Politisi Gerinda “Kasihan Teman Ahok Dijerumuskan,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here