Berita Terkini: Sidang Pemeriksaan Ahok Sebagai Terdakwa Dimulai!

0
333
Sidang ahok
Copyright ©Pinterest

Berita Terkini: Sidang Pemeriksaan Ahok Sebagai Terdakwa Dimulai!

Indowarta.com – Sidang pemeriksaan untuk terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah dimulai. Selain pemeriksaan kepada Ahok, pihak jaksa penuntut umum dan juga kuasa hukum dari Ahok akan menyerahkan bukti – bukti yang akan dilakukan pemeriksaan.

Sidang Ahok akan digelar sekitar pada pukul 09.00 WIB pada Selasa (4/4) di gedung auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan. Ahok pun sudah tampak di sidang tersebut, ia mengenakan batik cokelat.

Dwiarso Budi Santiarto selaku Hakim Ketua menuturkan bahwa pihak jaksa dan juga pengacara sama – sama mempunyai kesempatan untuk terlebih dulu menunjukkan bukti – bukti mengenai kasus dugaan penistaan agama di sidang Ahok kali ini.

“Kalau sudah selesai, kita memeriksa terdakwa. Setelah itu pemeriksaan kita tutup dan kita beri kesempatan untuk jaksa untuk tuntutan,” ujar Dwiarso.

Ahok sendiri telah didakwa melakukan penodaan agama karena telah menyebut dan mengaitkan surat Al Maidah ayat 51 dengan Pilkada DKI. Penyebutan surat Al Maidah ayat 51 tersebut disampaikan Ahok ketika bertemu dengan para warga yang berada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

Dalam dakwaan yang dibacakan pada sidang Ahok, ia didakwa dengan pasal 156 a huruf a KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun lamanya. Sementara untuk dakwaan subsidair, Ahok di dakwa dengan pasal 156 KUHP.

Sebelum dilakukan pemeriksaan terhadap terdakwa, terlebih dahulu bukti – bukti yang dipunyai oleh jaksa dan juga pengacara diperiksa. Ahok pun duduk di kursinya sementara bukti – bukti tersebut diperiksa di meja majelis hakim.

sidang ahok
Copyright©detik

Pihak Ahok pun juga telah menyelenggarakan simulasi, untuk persiapan pada sidang Ahok yang ke – 17 ini. Di sidang kali ini Ahok akan diminta untuk berbicara apa adanya, tidak ada yang dikurangi maupun ditambahkan.

Pada sidang Ahok sebelum – sebelumnya pihak Ahok sendiri sudah menghadirkan beberapa saksi ahli yang menurut yang bersangkutan akan dapat meringankan Ahok dalam persidangan. Jaksa penuntut umum pun juga menghadirkan sejumlah saksi untuk dimintai keterangannya mengenai kasus tersebut.

BACA JUGA Berita Terkini: Sidang Ahok dilanjutkan Pekan depan dengan Agenda Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY