Dari HTI, PBB Sampai ke FUI, Begini Sepak Terjang Sosok Al Khaththath Alias Gatot Saptono, Tersangka Pemufakatan Makar Aksi 313!

0
1109
Sekjen FUI
Copyright©detik

Dari HTI, PBB Sampai ke FUI, Begini Sepak Terjang Sosok Al Khaththath Alias Gatot Saptono, Tersangka Pemufakatan Makar Aksi 313!

Indowarta.com – Muhammad Al Khaththath yang juga Sekretaris Jenderal Forum Ulama Indonesia (FUI), kini dirinya tengah meringkuh di tahanan kepolisian. Ia diduga hendak melakukan makar atau menggulingkan pemerintahan yang sah dari Presiden RI Joko Widodo – Jusuf Kalla.

Al Khaththath yang mempunyai nama asli Muhammad Gatot Saptono bukanlah sosok baru di kancah nasional. Ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum DPP Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada periode 2002 – 2004.

Layaknya yang telah umum diketahui publik, pihak HTI menolak demokrasi bahkan mereka sering menggelorakan pendirian khilafah di Tanah Air.

Dia tidak menduduki masa jabatannya secara penuh, rumor tidak sedap pun mengiringi pencopotannya dari kursi Ketua Umum HTI.

Seusai dirinya tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umu HTI, Al Khaththath bergabung dalam partai politik, ia bahkan pernah maju untuk menjadi caleg dari Partai Bulan Bintang (PBB). Tetapi dia kalah ketika di dapil DKI Jakarta III dan gagal duduk menjadi wakil rakyat di kawasan Senayan.

Muhammad Al Khaththath
Copyright©SuratKabar

Pria yang lahir pada 12 Juni 1964 itu juga pernah aktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sejak tahun 2005 sampai dengan 2010, ia juga aktif sebagai pengurus Komisi Dakwah MUI.

Saat ini Al Khaththath hanya aktif di FUI saja, organisasi yang juga pernah mengemukakan wacana NKRI Bersyariah bersama dengan Front Pembela Islam (FPI). Yang bertujuan untuk menerapkan hukum Islam di Indonesia.

Bersama dengan FUI pulalah Al Khaththath mereka menggalang kekuatan massa Islam untuk meneruskan aksi – aksi unjuk rasa menuntut hukuman untuk Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, terdakwa penodaan agama.

Ia juga kembali menggalang kekuatan setelah beberapa tokoh dari aksi 411 dan 212 terseret kasus hukum. Saat ini ia sendiri juga terjerat kasus hukum. Muhammad Al Khaththath diduga terlibat dalam kasus pemufakatan makar guna menggulingkan pemerintahan yang sah.

Ia pun ditangkap oleh pihak kepolisian bersama dnegan empat tersangka lain, dan dinyatakan sebagai tersangka serta ditahan di Mako Brimob Polda Metro Jaya.

BACA JUGA MUI Berikan Komentar Soal Penangkapan Al Khaththath, Sekjen FUI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY