Berita Terkini: FB Bergabung dengan Konsorsium Demi Melawan Hoax!

0
368
FB
Copyright©orbitindo

Berita Terkini: FB Bergabung dengan Konsorsium Demi Melawan Hoax!

Indowarta.com– Facebook, Mozilla dan juga pendiri dari Craiglist Craig Newmark ini telah bergabung di dalam sebuah konsorsium yang bernama News Integrity Initiative yang akan memarangi penyebaran berita hoax. Selailn itu konsorsium ini juga beranggotan beberapa pihak lalin yang merupakan berasal dari akademisi dan juga beragai organisasi non profit. Dana sebanyak USD 14 juta kini sudah dikumpulkan. Dana tersebut akan digunakan untuk operasional konsorsium tersebut.

Salah satu pengalokasian dana ini adalah untuk melakukan berbagai penellitian dan juga mendanai proyek termasuk juga untuk menngadakan pertemuan dengan para ahli dari industri yang terkait. Lalu City Univercity of New York ini juga telah didaulat sebagai pengelola konsorsium ini.

WAJIB BACA :  Berbagai Alasan Klasik Kenapa Main FB Sudah Tak Lagi Menyenangkan!
FB
Copyright©orbitindo

Seperti yang telah dilansir di Venture Beat pada hari Selasa 4 April 2017, Champbell Brown yang merupakan Head of News Partnership Facebook ini tlah mengatakan “Sebagai bagian dari Facebook Journalism Project, kami ingin memberi alat yang dibutuhkan untuk memantau informasi yang dilihat di dunia maya”.

Keikutsertaan Fb di dalam konsorsium ini dinilai menimbulkan kontroversi oleh beberpa pihak. Hal ini dikarenakan pihak dari FB ini telah memberikan penolakan disebut sebagai perusahaan media. Di dalam hal ini konteksnya adalah pada saat mereka dituduh menjadi penyebar kabar hoax selama masa Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat yang lalu.

Selain itu perusahan yang telah didirkan oleh Mark Zuckerberg ini juga telah mendapatkan kritik pedas karena telah menyensor topik mengenai pandangan koservatif di dalam daftar trending topicnya. Namun kabar ini telah ditepis oleh Mark Zuckerberg, namun tuduhan itu juga kemudian memaksa Fb untuk mengubah pemilihan trending topic di dalalm media sosial miliknya itu.

WAJIB BACA :  Video FB Cara Ibu Damaikan Kedua Buah Hati Saat Bertengkar Ini Bikin Viral!

Misi yang kini diusung oleh Fb ini adalah gerakan untuk meningkatkan literasi berita dan juga untuk meningkatkan rasa percaya pada hasil jurnalisme di seluruh dunia. Diharapkan bahwa inisiiatif ini akan mendorong terciptanya sebuah piranti yang akan membantu seseorang untuk mengetahui mengenai kebenaran dari berita di media online.

baca juga :

Tukang Tambal Ban Perempuan Cantik Ini Jadi Buah Bibir Hangat Pengguna FB, Masih Gadis Atau Sudah Janda?

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY