Berita Terkini: BI Pastikan Kabar Uang Rupiah Baru Palsu Adalah Hoax!

0
886
Berita Terkini: Uang Baru yang Diedarkan Oleh BI Saat Ini Ternyata Berlapis 12 Pengaman Lho !
Copyrigt©Radar Cirebon

Berita Terkini: BI Pastikan Kabar Uang Rupiah Baru Palsu Adalah Hoax!

Indowarta.com – Akhir – akhir ini tengah viral informasi mengenai beredarnya uang rupiah palsu. Bahkan juga di sejumlah media sosial, seperti Twitter maupun Facebook telah banyak postingan uang rupiah baru yang diduga telah dipalsukan.

Mirza Adityaswara selaku Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia menuturkan bahwa pihak Bank Indonesia (BI) telah memastikan bahwa sampai saat ini tidak ada uang baru yang dipalsukan.

“Enggak ada, kan sudah ada keterangan dari BI,” ucap Mirza ketika berada di Kemenko Perekonomian, Jakarta pada Rabu (5/4).

Dirinya menilai kabar mengenai adanya uang rupiah palsu tersebut hanyalah kebohongan belaka alias hoax. “Jadi itu hoax yang bilang uang NKRI ada yang memalsukan,” imbuhnya.

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat agar tidak menyebarkan kabar mengenai uang rupiah palsu tersebut. “Jangan ikut nyebar-nyebarin yang itu,” pungkasnya.

Sebelumnya netizen memang dihebohkan dengan kabar adanya uang rupiah palsu yang dipalsukan. Uang NKRI tersebut diposting di jejaring sosial Facebook. Bank Indonesia juga sempat menanggapi peristiwa tersebut.

“Sehubungan dengan informasi yang beredar di masyarakat mengenai adanya pemalsuan uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, Bank Indonesia menegaskan bahwa hingga saat ini Bank Indonesia tidak menerima pengaduan masyarakat yang membawa bukti fisik uang TE 2016 yang diragukan keasliannya,” tulis keterangan Departemen Komunikasi BI seperti dilansir pada Rabu (5/4).

Berita Terkini: BI Beri Penjelasan tentang Pemilihan Pahlawan dalam Uang Baru Kali Ini !
Copyright ©Tribunnews

Menurut BI, Uang TE 2016 sudah dilengkapi dengan penguatan unsur pengaman guna menghindari adanya pemalsuan. Dengan penguatan unsur tersebut, bank sentral percaya bahwa uang Rupiah TE 2016 sudah mempunyai ciri – ciri yang mudah dikenali oleh masyarakat serta sulit dipalsukan.

Guna memastikan terkait keaslian uang rupiah kertas, salah satu caranya adalah dengan metoe 3D atau dilihat, diraba, dan diterawang.

Bank Indonesia juga menghimbau agar masyarakat tetap berhati – hati dalam memilah informasi yang tersebar mengenai uang rupiah palsu, utamanya yang mempunyai potensi memunculkan keresahan.

Jika masyarakat menemukan tanda adanya pemalsuan pada uang rupiah, masyarakat dapat mendatangi kantor BI terdekat guna memastikan keaslian uang rupiah.

BACA JUGA Berita Terkini : Hindari Uang Palsu, BI Himbau Tukar Uang Baru Secara Resmi Saja !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here