Berita Hari Ini: Rayakan Hari Galungan, Umat Hindu Dihimbau Tak Foya-foya!

0
379
Hari Galungan
Copyright┬ęGalungan

Berita Hari Ini: Rayakan Hari Galungan, Umat Hindu Dihimbau Tak Foya-foya!

Indowarta.com– Pada hari Rabu 5 April 2017 ini umat Hindu akan merayakan Hari Raya Suci Galungan. Lalu selang sepuluh hari kemudian yakni pada tanggal 15 April 2017 nanti akan dilangsungkan juga hari raya Kuningan.

Hari suci Galungan ini merupakan hari perayaan kemengan Dharma atau kebaikan atas Adharma atau keburukan. Para wanita di Denpasar ini tampak mengenakan buana adat Bali dengan menjunjung sesajen di dampingi oleh suami ataupun putra putri mereka. Mereka pun pergi ke Pura ataupun tempat suci keluarga untuk melakukan persembayangan.

Suasana di Denpasar maupun di wilayah lainnya pun cukup semarak. Sepanjang jalan telah dihiasi dengan penjor yang merupakan lambang kemakmuran. Penjor adalah hiasan dari batang bambu dan jgua janur yang telah dipasang di depan rumah keluarga masing-masing pada hari Galungan ini. Penjor diumpaman sebagai seseorang yang sudah berhasil meraih pencaiapaian yang tinggi namun dirinya masih mau menunduk.

Hari Galungan
Copyright┬ęGalungan

Sementara itu seluruh perkantoran instansi pemerintah dan juga swasta di Bali ini telah menjalani libur lokal selama tiga hari yakni dari 4 hingga 6 April 2017. Jalan-jalan pun nampak sepi dan lenggang. Libur lokal ini diberikan untuk memberikan kesempatan bagi para karyawan yang beragama Hindu ini melaksanakan rangkaian kegiatan ritual tersebut.

Tidak hanya instansi saja, seluruh jenjang pendidikan di Bali ini juga menjalani hari libur untuk menghormati hari Galungan yang jatuh setiap 210 hari sekali. Gubernur Bali yakni Made mankgu Pastika ini telah mengajak masyarakat yang beragama Hindu ini untuk bisa lebih memaknai esensi rangkaian hari Galungan dan juga hari Kuningan ini sebagai perang Dharma melawan Adharma yang sesungguhnya memang ada di setiap orang.

Adharma ini merupakan semua sifat yang negatif seperti amarah, dendam, iri, dengki, serakah, sombong dan juga masih banyak yang lainnya. Sebaliknya, Dharma ini merupakan sifat yang positif seperti jujur, suka menolong, rendah hati, dan masih banyak yang lainnya.

baca juga :

Berita Terkini: Usai Hari Raya Nyepi, Bandara Ngurah Rai Akhirnya Beroperasi Lagi!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY