Berita Terkini: Akankah Ahok Akan Dituntut Bebas Oleh Jaksa?

0
1052
sidang Ahok
Copyrigth©Merdeka

Berita Terkini: Akankah Ahok Akan Dituntut Bebas Oleh Jaksa?

Indowarta.com – I Wayan Sudirta salah seorang anggota tim penasihat hukum dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meminta kepada Jaksa Penuntut Umum untuk menuntut bebas kliennya, karena telah didakwa menista agama Islam.

Ia menuturkan bahwa tidak ada larangan untuk jaksa menuntut bebas Ahok, hal ini menyinggung mengenai keterangan dari para saksi dan juga alat bukti yang mengarah pada tidak adanya niat Ahok untuk meninstakan agama Islam.

“Saya mengingatkan, tidak ada larangan jaksa menuntut bebas atau lepas,” ucap Wayan ketika berada di Posko Pemenangan Cemara, Menteng, pada Rabu (5/4).

Wayan sendiri menilai bahwa kliennya dapat dituntut bebas karena 13 saksi dari pelapor Ahok tidak ada yang melihat langsung kejadian ketika di Kepulauan Seribu tersebut.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Kembalikan Sisa Uang Operasional Senilai Rp 1.2 Miliar!

Tidak hanya itu, ada keganjilan mengenai barang bukti yang berupa video dan juga barang bukti dari jaksa penuntut umum yang tidak dapat diputar dalam persidangan. Wayang menuturkan bahwa keanehan tersebut harusnya tidaklah terjadi karena pihak kepolisian telah menyatakan bahwa seluruh berkas dari tersangka sudah P21.

Sidang Ahok
Copyrigth©entergoal

“Ini sangat memalukan. Ada kasus seperti ini, sudah P21, saksi pelapor tidak melihat, alat bukti tidak bisa dilihat,” ucap Wayan.

Oleh karena itu, menurut Wayan jika pihak jaksa penuntut umum berani lepas dari tekanan yang didapat dari massa, maka seharusnya Ahok dapat dituntut bebas.

“Kalau tidak ada tekanan, seharusnya berani tuntut lepas,” tegas Wayan.

Sedangkan Humphrey Djemat selaku pengacara menuturkan jika memang Ahok tidak terbukti bersalah dalam kasus penodaan agama tersebut, jaksa memiliki hak untuk membacakan tuntutan bebas.

WAJIB BACA :  Berita Terkini: Ahok Tanda Tangani Surat Pengunduran Diri Jadi Gubernur DKI!

“Ini bukan masalah malu atau gengsi, ini di pengadilan kita mencari kebenaran materil. Kalau ada kebenarannya, jangan ragu-ragu menuntut bebas di pengadilan,” ucap Humprey.

Ahok sendiri kini tengah menjalani sidang yang masih berlanjut, sidang tersebut saat ini sudah memasuki sidang ke – 17. Beberapa saksi dari pihak terdakwa maupun pihak jaksa penuntut umum pun telah dihadirkan untuk memberikan pendapat mereka mengenai pidato Ahok tersebut.

BACA JUGA Berita Terkini: Akan Masuk Pledoi, Hakim Izinkan Sidang Ahok Disiarkan Secara Langsung!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY