Berita Terkini: Serangan Kimia Di Suriah Tewaskan Puluhan Korban Tak Berdosa!

0
330
serangan kimia
Copyright ©VOA Indonesia

Serangan Kimia Di Suriah Tewaskan Puluhan Korban Tak Berdosa!

Indowarta.comSerangan kimia yang terjadi di Provinsi Idlib utara, Suriah tampak dikuasai oleh pemberontak. Serangan tersebut diklaim telah menewaskan puluhan korban. Tak hanya orang dewasa, namun anak-anak yang tak berdosa pun tak luput terkena imbas dari serangan tersebut.

Syrian Observatory for Human Rights selaku lembaga pemantau hak asasi manusia di Suriah menceritakan bahwa serangan kimia tersebut merupakan salah satu serangan terburuk selama perang saudara yang telah berlangsung selama enaam tahun di negara tersebut.

Kemudian beberapa jam setelah serangan tersebut, sebuah rumah sakit kecil yang berada di wilayah tersebut juga dihancurkan, hal itu dituturkan oleh seorang pekerja sipil yang tengah berdinas di wilayah tersebut.

serangan kimia
Copyright ©BBC

Lembaga pemantau hak asasi manusia di Suriah tersebut mengatakan, serangan yang diduga menggunakan unsur kimia yang terjadi di Idlib utara tersebut telah menewaskan setidaknya 58 orang, 11 diantaranya adalah anak kecil.

Idlib Media Center sempat mempublikasikan rekaman yang memuat tentang bagaimana tenaga medis tengah membantu membuka baju seorang pria yang terlihat sudah tidak lagi responsive. Mereka juga tampak sibuk memasang alat bantu pernafasan kepada seorang gadis kecil yang mulutnya berbusa.

Belum diketahui secara pasti, apakah korban tewas tersebut diakibatkan mati lemas lantaran terkena senjata kimia atau karena dikejutkan oleh serangan udara lainnya yang terjadi di wilayah tersebut yang terjadi dalam waktu bersamaan.

Insiden serangan kimia ini  diklaim merupakan kali ketiga. Dua kasus sebelumnya dilaporkan terjadi di Provinsi Hama, yang tidak jauh dari lokasi terjadinya serangan pada hari Selasa (4/4). Tidak ada komentar yang diberikan oleh pemerintah di Damaskus usai serangan tersebut.

Para aktivis Suriah menuding bahwa serangan tersebut disebabkan oleh serangan udara yang dilakukan baik oleh pemerintah Suriah maupun pesawat tempur Rusia. Dilaporkan bahwa rumah sakit darurat segera penuh sesak dengan orang-orang yang tercekik pernapasannya.

Korban serangan kimia biasanya mengalami kejang-kejang dan saat oksigen diberikan maka mereka akan mengalami pendarahan melalui hidung dan mulut. Para dokter yang menangani para korban menduga ada lebih dari satu jenis gas.

Diketahui, menurut PBB saat ini Provinsi Idlib hampir seluruhnya dikendalikan oleh oposisi Suriah. Provinsi tersebut merupakan rumah bagi sekitar 900 ribu pengungsi Suriah.

Baca Juga Berita Terkini: Serangan Udara Rusia di Daratan Suriah Tak Sengaja Tewaskan 3 Tentara Turki !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY