Berita Terkini: Rusia Tetap dukung Assad Meski Serangan Kimia di Suriah Tengah disorot Tajam Oleh PBB!

0
598
idlib
Copyright©Twitter

Berita Terkini: Rusia Tetap dukung Assad Meski Serangan Kimia di Suriah Tengah disorot Tajam Oleh PBB!

Indowarta.com – Pihak Rusia menyatakan tetap memberikan dukungan terhadap pasukan rezim Presiden Suriah Bashar al – Assad dengan operasi militer walaupun kengerian dari senjata kimia di Idlib, Suriah menjadi sorotan masyarakat dunia. Karena hal tersebut Dewan Keamanan PBB menggelar rapat darurat pada Rabu (5/4)

Laporan terbaru menyebutkan setidaknya ada 72 orang yang tewas tidak terkecuali 11 anak – anak di Khan Sheikun Idlib, karena terkena serangan dari senjata kimia. Baik rezim Assad ataupun oposisi atau pihak pemberontak Suriah tidak mengakui bahwa mereka adalah pelaku dari serangan tersebut yang berlangsung sejak beberapa hari.

Keputusan pihak Moskow tetap memberikan dukungan terhadap rezim Damaskus dengan operasi militer dikemukakan oleh juru bicara dari Kremlin Dmitry Peskov.

Ia menilai bahwa dampak menakiytkan dari senjata kimia tersebut bisa jadi imbas dari rusaknya senjata kimia di situs penyimpanan senjata yang dimiliki pemberontak. Namun, kubu pemberontak Suriah menyatakan bahwa mereka tidak mempunyai gudang senjata kimia.

Maria Zakharova selaku Juru bicara dari Kementerian Luar Negeri Rusia memberikan saran kepada Dewan Keamanan PBB untuk mendesak Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) untuk meluncurkan misi pencari fakta. Ia meminta OPCW diberikan akses penuh ke situs serangan tersebut.

Pemberontak menuduh bahwa rezim Suriah telah melakukan pengeboman terhadap Kota Khan Sheikun menggunakan amunisi kimia. Tuduhan tersebut didukung oleh beberapa pemerintah Barat seperti Amerika Serikat dan Inggris.

suriah
Copyright©Twitter

Utusan khusus dari PBB untuk Suriah Staffan de Mistura mengungkapkan bahwa bukti handal dibutuhkan untuk membenarkan dugaan penggunaan senjata kimia. Bukti tersebut juga untuk menetapkan siapa yang bertanggung jawab.

Federica Mogherini selaku Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa juga memberikan tanggapan bahwa belum ada bukti untuk menyimpulkan apapun mengenai yang terjadia di Provinsi Idlib. Tetapi, ia menuturkan, apapun itu, pemerintah Suriah yang menjadi penanggung jawab utama mengenai kondisi ini.

Tidak hanya pihak Moskow, pihak Teheran juga turut mendukung rezim Damaskus ditengah kecaman serta serangan senjata kimia di Idlib. Iran dan juga Rusia adalah para ahli yang mengklaim jika tentara Suriah tidak memiliki alasan yang logis untuk menggunakan senjata kimia terhadap pemberontak Idlib.

Pihak Iran pun tidak membenarkan setiap penggunaan senjata kimia dan akan menawarkan bantuan kepada para korban.

”Kami siap membawa korban ke Iran dan membantu mereka,” ucap Iran Bahram Ghasemi selaku juru bicara dari Kementerian Luar Negeri.

BACA JUGA Berita Terkini: Berbagai Hal yang Musti Kamu Ketahui Tentang Serangan Kimia di Suriah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here