Berita Terkini: Ditetapkan Sebagai Tersangka, KPK Siap Buru Sosok Lebih Dalam Lagi Setelah Miryam S Haryani?

0
430
Miryam S Haryani
Copyrigth©detik

Ditetapkan Sebagai Tersangka, KPK Siap Buru Sosok Lebih Dalam Lagi Setelah Miryam S Haryani?

Indowarta.com – Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) akhirnya kini menetapkan mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani sebagai tersangka. Ia ditetapkan sebagai tersangka dugaan memberikan keternagan tidak benar atau palsu.

Dugaan keterangan palsu tersebut diberikan oleh Miryam saat di persidangan korupsi E KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat. Penetapan sebagai tersangka itu juga sebagai pengingat bagi para saksi agar memberikan keterangan dengan benar dalam persidangan.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan, “KPK menetapkan satu orang tersangka baru, yaitu MSH (Miryam S Haryani) mantan anggota DPR RI terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan e-KTP. Tersangka diduga dengan sengaja tidak memberikan keterangan atau memberikan keterangan yang tidak benar pada sidang dengan terdakwa Irman dan Sugiharto”.

Sidang Kasus E KTP
Copyrigth©sayangi

Febri juga menjelaskan bahwa politikus Partai Hanura tersebut disangkakan dengan pasal 22 jo pasal 35 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kini KPK juga terus menelusuri adanya keterkaitan pihak lain melalui fakta-fakta yang ada pada persidangan.

“Dalam kasus ini setelah menetapkan 4 orang tersangka masih terus mendalami fakta-fakta sidang yang ada, dan indikasi keterlibatan pihak lain,” jelas febri.

Febri juga mengatakan, tidak menutup kemungkinan jika nantinya KPK akan menjerat saksi lain dengan pasal yang sama jika sengaja tidak memberikan keterangan dengan benar dalam persidangan.

Sebagai informasi, Miryam S Haryani mencabut seluruh Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dalam sidang perkara korupsi E KTP pada Kamis (23/3). Miryam mengaku bahwa saat proses penyidikan terkait dengan kasus E KTP tersebut dirinya merasa mendapatkan ancaman serta tekanan.

Bahkan di hadapan Majelis Hakim pengadilan Tipikior, Miryam S Haryani juga tidak mengakui perbuatannya sebagaimana tertuang dalam BAP yang telah ditandatangani oleh dirinya.

Akibatnya, Miryam dikonfrontir dengan 3 orang penyidik KPK pada Kamis (30/3) lalu. jaksa sendiri juga meminta hakim untuk menerapkan pasal 174 KUHAP, namun saat itu hakim belum melakukannya dan mempersilahkan jaksa untuk memproses Miryam dengan pasal lain terkait dengan dugaan pemberian keterangan palsu tersebut.

Baca Juga Berita Terkini: KPK Akan Buka-bukaan Soal Pemeriksaan Miryam di Kasus E KTP!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY