Cerita Siswi SMK Tenggak Racun Usai Protes Soal Kecurangan UNBK dan Kena Intimidasi Guru Pelaku!

0
511
UNBK
Copyright©klimg

Cerita Siswi SMK Tenggak Racun Usai Protes Soal Kecurangan UNBK dan Kena Intimidasi Guru Pelaku!

Indowarta.com– Semenjak hari Senin 3 April 2017 hingga hari Kamis 4 April 2017 ini pelajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK dan juga Madrasah Aliyah (MA) ini telah melaksanakan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2016 – 2017. Kurang lebih sebanyak 49 persen sekolah telah menyelenggarakan UN dengan berbasis komputer atau yang disebut dengan UNBK. Lalu sebanyak 51 persen sekolah yang lainnya ini tetan melaksakan ujian konvensional menggunakan kertas pensil atau UNKP.

Kali ini sebanyak 1,3 juta siswa SMK tersebut yang terdiri dari 150.855 persera UNKP dan sebanyak 1.176.391 peserta yang mengikuti UNBK. Mata pelajaran yang telah diujikan ini adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan juga satu mata pelajaran pilihan sesuai dengan jurusan yang telah dipilih oleh siswa.

UNBK
Copyright©klimg

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yakni Muhadjir Effendy ini telah menegaskan bawha akan melakukan pemecatan bagi guru yang telah terbukti melakukan kecurangan dalam pelaksanaan dari Ujia di sekolah baik itu Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kecurangan yang dimaksud ini adalah dengan memberikan jawaban kepada para murid mereka.

Muhadjir Effendy setelah peletakan batu pertama di gedung SMP dan juga SMA Globarl Sevilla di Jakarta pada hari Rabu 5 April 2017 kemarin telah mengatakan “Kalau ada guru curang dan dia PNS, maka saya akan meminta agar dia dipecat. Guru yang melakukan kecurangan harus mendapatkan sanksi yang seberat-beratnya”.

Dirinya menegaskan bahwa sekarang ni tidak saatnya guru yang membantu murid di dalam pelaksanaan ujian. Menurut Muhadjir, membantu murid di dalam ujian ini sama  halnya dengan memahat ketidakjujuran dan juga akan menjauhkan murid dari pribadi yang berakhlak mulia.

Muhadjir menegaskan “Sekolah harus antikecurangan, karena sekolah merupakan hulu dari peradaban. Kalau sumber dari peradabannya kotor, jangan harap di hilirnya bersih. Sedangkan yang hulunya saja bersih, belum tentu di hilirnya bersih. Tapi paling tidak, sekolah harus bersih dari praktik kecurangan”.

Namun sepertinya himbauan keras yang telah dikeluarkan oleh Muhadjir ini pun tidak digubris oleh salah satu guru di SMK Negeri Padang Sidimpuan, Sumatera Utara ini. Guru yang berinisial E itu pun telah diduga membantu salahs atu anaknya Y yang mengikuti UNBK.

Aksi yang tidak terpuji ini pun telah mendapatkan protes dari tiga muridnya yakni AN, IA dan juga RA. Protes itu telah mereka sampaikan di media sosial. Protes yang telah mereka layangkan ini pun telah berbuntut panjang. Mereka beritiga mendapatkan intimidasi. Tidak kuat dengan intimidasi itu, AN pun nekat untuk meminum racun.

baca juga :

Berita Terkini: Kena Tipu Ijazah Palsu, Cholid Hampir Gagal Ikut UNBK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here