Berita Terkini: Anas Urbaningrum Ungkap Arahan SBY Soal Proyek E KTP!

1
2996
Anas Urbaningrum
Copyright©Kompas

Anas Urbaningrum Ungkap Arahan SBY Soal Proyek E KTP!

Indowarta.comAnas Urbaningrum yang merupakan mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat menuturkan bahwa tidak ada etensi khusus dari Partai Demokrat selama proses pembahasan dan pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (E KTP).

Akan tetapi, ia mengaku telah menerima arahan yang diberikan oleh Ketua Dewan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Kala itu SBY meminta kepada Anas sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat, mendukung proyek E KTP tersebut.

Selain itu pada saat itu selain menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, SBY juga menjabat sebagai Presiden RI.  Menurut Anas Urbaningrum setiap kebijakan yang di ambil oleh pemerintah harus didukung oleh Fraksi Demokrat dan partai koalisi.

WAJIB BACA :  Prahara E KTP yang Tak Kunjung Jadi!

“Memang ada arahan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, presiden, setiap kebijakan pemerintah harus didukung Fraksi Demokrat dan partai koalisi,” tutur Anas saat dirinya menjadi saksi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (6/4).

Anas Urbaningrum
Copyright©Tribunnews

Selain itu, yang diketahui oleh Anas, program penerapan KTP elektronik tersebut merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang paling disorot. Proyek tersebut diperlukan guna memperbaiki administrasi kependudukan nasional, sehingga perlu modernisasi.

Anas mengaku hanya mengetahui soal kebijakan tersebut. namun untuk pengadaannya ia mengaku tidak tahu. Selain itu ia juga mengaku tidak prnah mengikuti pembahasan mengenai proyek KTP berbasis elektronik tersebut.

Padahal dalam dakwaan yang telah disebutkan ada pertemuan yang dihadiri oleh Anas Urbaningrum, mantan ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto, mantan bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin bersama dengan pengusaha Andi Narogong.

WAJIB BACA :  Anas Urbaningrum Kembali Dihadirkan dalam Sidang E KTP Oleh Jaksa KPK!

Pertemuan tersebut dikatakan memiliki maksud untuk mencari dukungan representasipartai Demokrat dan Golkar dalam pelaksanaan proyek E KTP. Kemudian pada saat kesaksian Nazaruddin, Anas Urbaningrum memberikan arahan untuk mendukung pengadaan tersebut.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Anas saat hakim mengajukan sebuah pertanyaan kepadanya. “Apa memberi pesan tertentu kepada fraksi?”.

Kemudian Anas menjelaskan bahw tidak ada pesan khusus maupun atensi khusus lantaran tidak ada laporan yang membutuhkan atensi khusus. Seperti yang telah diketahui, Anas di klaim merupakan salah satu dari beberapa orang yang menerima uang suap terbesar dari proyek E KTP yang mengakibatkan kerugian besar terhadap negara.

Baca Juga Berita Terkini: Anas Urbaningrum dan Setya Novanto Akan Dihadirkan Dalam Sidang Kasus Korupsi E KTP Hari Ini!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here