Berapa Ongkos Menyelundupkan TKI Ilegal Via Nunukan?

0
424
TKI
Copyright©Tabloid Jubi

Berapa Ongkos Menyelundupkan TKI Ilegal Via Nunukan?

Indowarta.com – Pihak Polres Nunukan Kalimantan Utara mengatakan tenaga kerja Indonesia (TKI) illegal diharuskan membayar RM 450 atau sekitar Rp 1.350 juta pada pihak penyelundup perbatasan. Uang tersebut adalah uang jasa untuk menyelundupkan calon TKI menembus jalur perbatasan Indonesia dan Malaysia.

“Mereka dikenai kewajiban membayar RM 450 pada jaringan penyelundup ini,”  ucap AKBP Pasma Royce selaku Kepala Polres Nunukan ketika didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Suparno pada Jumat (7/4).

Pasma pun menuturkan bahwa tersangak mengumpulkan para calon TKI illegal yang banyak ditemui di Pelabuhan Tunin Taka Nunukan. Para calon TKI tersebut lalu diinapkan di sebuah rumah singgah untuk menunggu pemberangkatan dari rute Pelabuhan Bambangan menuju Lahad Datu Sabah Malaysia.

Ketika itu Pasma sendiri menerangkan bahwa pihak kepolisian telah menangkap sekitar 30 orang TKI ilegal yang tidak memiliki dokumen berasal dari Nusa Tenggara Timur serta Sulawesi. Sebanyak lima orang diantaranya yang ternyata masih di bawah umur.

TKI
Copyright©Tabloid Jubi

“Masing-masing di antara mereka wajib menyetor RM 450 pada tersangka saat memperoleh pekerjaan di Malaysia. Sebagian TKI ini membawa anak-anak masih balita ke Malaysia,” ucap Pasma.

Pihak kepolisian telah menetapkan nama Rudiansyah dan juga Mansyur sebagai tersangka kasus perdagangan manusia dan perlindungan TKI. Keduanya dikatakan salah satu anggota dari jaringan perdagangan manusia antar negara di Nunukan dan Malaysia.

Polisi pun menjerat keduanya dengan pasal undang – undang Perdagangan Manusia dan Perlindungan TKI. Mereka terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 15 miliar.

Badan Reserse Kriminal Polri dan Polres Nunukan menahan sebanyak 30 TKI ilegal di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Saat itu para TKI hendak menerobos perbatasan Malaysia dengan menggunakan jalur tikus yang tengah marak di Nunukan.

Para TKI tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan kemudian melanjutkan pelayaran untuk ke Pelabuhan Sei Nyamuk di Sebatik Nunukan. Mereka menerobos perbatasan tersebut melalui jalur laut dengan rute Pelabuhan Bambangan – Lahad Datu Sabah.

Pihak kepolisian menduga mereka akan bekerja sebagai TKI ilegal di bidang industry perkebunan kelapa sawit yang marak ditemui di Pulau Sebatik Nunukan. Pulau tersebut sebagian adalah wilayah dari Malaysia.

 BACA JUGA Berita Terkini: Kapal Pengangkut TKI Ilegal Tenggelam, 9 Penumpang Tewas !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here