Berita Hari Ini : Peserta UNBK SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan Harus Pakai Modem Lantaran Koneksi Internet Telkom ‘Lemot’ !

0
1225
unbk

Berita Hari Ini : Peserta UNBK SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan Harus Pakai Modem Lantaran Koneksi Internet Telkom ‘Lemot’ !

indowarta.comUNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang, Sulawasi Selatan mengalami kendala. Sebab jaringan Telkom mengalami gangguan pada saat UNBK berlangsung pada Selasa 5 Maret 2016. Dikarenakan hal it, puluhan siswa di dua ruangan terpaksa menggunakan modem untuk mengikut UNBK.

Modem tersebut digunakan secara ramai-ramai dan ditempatkan di depan penawas ujian. Karena digunakan secara ramai-ramai dan bersamaan, koneksi internet menjadi lambat. Dua ruangan ini memang sulit dijangkau oleh wifi sekolah, sehingga pihak sekolah mengantisipasinya dengan munggunakan modem ini.

UNBK ini digelar secara serentak dengan Ujian Nasional Berbasis Kertas. Di SMK Negeri 1 sendiri terdapat sekitar 537 siswa yang mengikuti UNBK dan dibagi menjadi 3 gelombang. Gelombang 1 dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00 WITA, gelombang ke 2 dilaksanakan pada pukul 11.00-13.00 WITA dan gelombang ketiga pada pukul 14.00-16.00 WITA.

unbk

Peserta mampu menyelesaikan 50 soal yang diujikan walaupun terkendala dengan koenksi internet yang lemot karena digunakan secara rami-ramai di waktu yang bersamaan. Pihak sekolah pun bersyukutm meskipun denganĀ  koneksi yang lambat, para siswa mampu menyelesaikan UNBK.

Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, Abdul Latif ikut meninjau jalannya UNBK di SMK Negeri 1 itu. Dia menyebutkan kalau sebelumnya pihak Telkom telah menyatakan kesediaannya untuk memfasillitasi pelaksanaan UNBK dengan menyediakan perangkat internet. Abdul akan berkoordinasi lagi dengan Telkom terkait jaringan internet yang lelet pada saat UNBK berlangsung.

UNBK memang dinilai lebih efisien dari pada Unjian Nasional Berbasis Kertas. Selain itu UNBK juga lebih ramah llingkungan dari pada Ujian Nasional Berbasis Kertas. Hal ini karena bahan baku kertas adalah kayu yang sudah berusia sekitar 5 sampai 10 tahun.

Hingga saat ini, UNBK di SMK Negeri 1 Pinrang masih berlangsung. Semoga masalah ini bisa cepat teratasi dan siwsa siswi SMK Negeri 1 Pinrang bisa menjalankan UNBK dengan nyaman tanpa terkendala lagi.

baca juga :

Berita Hari Ini : Mendikbud Anies Baswedan Libatkan Hacker Demi Sukseskan UN 2016?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here