Berita Terkini: Presiden Jokowi Putuskan Saldi Isra Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi Gantikan Patrialis Akbar!

0
1277
saldi isra
Copyright©Suara Islam

Berita Terkini: Presiden Jokowi Putuskan Saldi Isra Jadi Hakim Mahkamah Konstitusi Gantikan Patrialis Akbar!

Indowarta.com – Presiden RI Joko Widodo sudah memutuskan untuk memilih pakar hukum dari Universitas Andalas, Padang, Saldi Isra sebagai hakim Mahkamah Konstitusi untuk menggantikan Patrialis Akbar. Informasi tersebut pun juga dibenarkan oleh Ketua Panitia Seleksi Hakim MK Harjono.

“Iya, sudah, Pak Saldi. Iya,” ucapnya ketika dikonfirmasi oleh awak media pada Sabtu (8/4).

Harjono juga menuturkan bahwa pelantikan Saldi Isra sebagai hakim Mahkamah Konstitusi akan digelar di Istana Presiden, Jakarta pada Selasa (11/4) minggu depan.

Tim Pansel dari Hakim MK sebelumnya telah mengajukan tiga nama kepada Presiden RI Joko Widodo. Ketiga nama tersebut adalah Saldi Isra, Bernard L Tanya, yang juga dosen di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dan Wicipti Setiadi yang sudah purnatugas dari Kementerian hukum dan HAM.

WAJIB BACA :  Alasan Jokowi Rahasiakan Lokasi Bandara di Sukabumi!

Berita yang mengabarkan mengenai telah diputuskannya sebuah nama tersebut, dikonfirmasi juga oleh Johan Budi SP selaku juru bicara dari Presiden kemarin. Walaupun demikian, Johan mengungkapkan bahwa dirinya belum mengetahui apakah keputusan presiden mengenai hal tersebut sudah diputuskan oleh Jokowi atau belum.

saldi isra
Copyright©Suara Islam

“Presiden sudah memutuskan calon hakim Mahkamah Konstitusi setelah dilapori oleh Pansel. Ada beberapa calon, kemudian dipilih satu. Setelah itu tentu prosesnya pelantikan,”  ucap Johan Budi ketika berada di kantor Presiden, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (7/4).

Johan juga mengungkapkan bahwa dirinya belum mengetahui siapa yang ditunjuk oleh Jokowi guna menggantikan posisi dari Patrialis Akbar.

 “Saya belum tahu keppresnya sudah ditandatangani atau belum. Karena keppresnya belum tahu, saya tidak bisa menyampaikan siapa yang dipilih,” ucapnya.

WAJIB BACA :  Alasan Jokowi Rahasiakan Lokasi Bandara di Sukabumi!

Johan juga ikut menerangkan, jika sebenarnya Presiden tidak perlu untuk membentuk Panitia Seleksi, karena penunjukan hakim itu adalah kewenangan dari Presiden.

Sekedar untuk diketahui, posisi dari hakim Mahkamah Konstitusi ada yang juga kewenangan atau perwakilan dari usulan pemerintah. Patrialis Akbar juga ermasuk dalam kategori tersebut.

BACA JUGA Berita Terkini: Inilah 3 Nama Calon Hakim MK yang Akan Dipilih Oleh Jokowi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here