Berita Terkini: Pelaku Teror di Stockholm Adalah Simpatisan ISIS Bernama Rakhmat Akilov!

0
517
Teror di Stockholm
Copyright©REUTERS

Pelaku Teror di Stockholm Adalah Simpatisan ISIS Bernama Rakhmat Akilov!

Indowarta.com – Pelaku teror di Stockholm, Swedia disebut-sebut sebagai kelompok radikal ISIS. Pelaku merupakan seorang imigran asal Uzbekistan teridentifikasi bernama Rakhmat Akilov yang diketahui suka berpesta serta minum-minum.

Sejauh ini kepolisian Swedia  hanya mengidentifikasi pelaku teror di Stockholm sebagai pria asal Uzbekistan berusia 39 tahun. Pelaku diduga mengemudikan sebuah truk hasil curian yang mengangkut bir kea rah keramaian di narea pejalana kaki dekat dengan perbelanjaan Ahlens.

Insiden teror di Stockholm tersebut terjadi pada Jumat, 7 April 2017 sore waktu setempat. Akibatnya empat orang tewas dalam insiden itu, termasuk seorang bocah berusia 11 tahun, dan melukai 15 orang lainnya.

Pelaku berhasl di tangkap pada Jumat malam di Marsta, kawasan pinggiran yang berjarak 40 kilometer dari Stockholm. Identitas pelaku tersebut diungkapkan oleh media-media lokal Swedia. Rakhmat Akilov disebut sebagai imigran asal Uzbekistan yang sempat bekerja sebagai pekerja konstruksi di Swedia.

Teror di Stockholm
Copyright©REUTERS

Menurut keteranganyang diberikan oleh pihak kepolisian, pelaku teror di Stockholm mengajukan izin , tinggal permanen di Swedia sejak tahun 2014 lalu, namun ditolak pada tahun 2016 lalu. Desember 2016, pelaku diberikan waktu empat minggu oleh pihak imigran untuk meninggalkan Swedia.

Kasusnya telah diserahkan kepada kepolisian setempat sejak Februari 2017 lalu lantaran pelaku masih  tinggal secara diam-diam di Swedia. Sejak 27 Februari pelaku menjadi buronan polisi lantaran tidak mematuhi perintah deportasi.

Kolega Akilov menyebutnya sebagai ayah empat anak yang tinggal sendirian di Swedia. Sedangkan keluarganya tinggal di Uzbekistan. Teman sejawat yang emnggan disebutkan namanya tersebut menyebut Akilov datang ke Swedia untuk bekerja agar dapat mengirimkan uang kepada keluarganya.

Kepolisian Swedia pada Minggu (9/4) menyebut pelaku menunjukkan simpati untuk ISIS. Bahkan kabarnya pelaku teror di Stockholm tersebut sempat mengunggah video propaganda ISIS pada akun Facebook miliknya.

Tak hanya itu, Akilov juga menyukai foto-foto di FB tentang korban Bom Maraton Boston yang berlumuran darah. Beberapa kenalan Akilovdi Facebook juga terkait dengan kelompok radikal ISIS. Terlepas dari ketertarikan pada ISIS, pelaku disebut merupakan sosok yang tidak terlalu religius.

Pelaku justru senang berpesta dan ‘minum-minuman’. Akilov disebut juga kehilangan pekerjaannnya dibidang konstruksi pada awal tahun 2017 ini dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan merokok.

Baca Juga Berita Terkini: Video Detik Detik Ledakan Bom di Tengah Ibadah Minggu Palma!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY