Berbagai Hal yang Musti Kamu Persiapkan Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Mulai dari SNMPTN Sampai SBMPTN!

    0
    582
    SBMPTN
    Copyright┬ęPelajar Indonesia

    Berbagai Hal yang Musti Kamu Persiapkan Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Mulai dari SNMPTN Sampai SBMPTN!

    Indowarta.com- Perjalanan pilihan calon mahasiswa ini tidak hanya berhenti dengan cara mengetahui bakat, minat dan juga kemampuan mereka. Berbagai pilihan kini juga telah menanti mereka untuk melanjutkan ke pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

    Untuk yang kini tengah mengincar perguruan tinggi, terdapat dua jalur seleksi nasional dan juga mandiri. Jalur nasional ini juga ada dua jalur yakni jalur undangan dan juga jalur ujian tertulis.

    Jalur undangan PTN yakni SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) sedangkan untuk jalur nasional tertulils ini salah satunya adalah jalur SBMPTN. Jalur masuk yang lainnya adalah Bidikmisi, SPMB, Jalur Mandirim Jalur kerjasama ataupun jalur yang lainnya.

    1. Jalur SNMPTN.

    Pola seleksi dari SNMPTN ini berdasarkan dari hasil penelurusan prestasi akademik dengan menggunakan rapot semester satu hingga semesrter lima bagi para siswa SMA sederajat yang telah menempuh masa belajarnya tiga tahun ataupun rapor dari semester satu hinga tujuh bagia yang menjalani masa SMA sederajat selama empat tahun dan juga Portofolio Akademik.

    sbmptn

    Siswa yang akan mendaftar ini akan bisa memilih maksimal dua PTN. Jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN yang telah dipilih tersebut harus satu provinsi dengan SMA asal.

    Namun apabila hanya memilih satu PTN saja, maka PTN tersebut boleh berada di provinsi manapun.

    1. Jalur SBMPTN.

    Bagi para siswa yang tidak lolos dalam SNMPTN, maka mereka bisa mengikuti SBMPTN. Penilaian dari SBMPTN ini berdasarkan dari ujian tulis ataupun kombinasi antara hasil ujian tullis dan juga ujian keterampilan. SBMPTN bisa diikuti oleh semua siswa SMA sederajat yang telah lulus sekolah maksimal tiga tahun terakhir ini.

    1. Jalur Mandiri.

    Jalur mandiri merupakan jalan bagi para siswa yang tidak lulus dalam SNMPTN dan juga SBMPTN. Calon mahasiswa yang berasal dari ekonomi rendah ini telah memiliki kesempatan mengikuti seleksi ini melalui jalur Bidik Misi jalur mandiri.

    baca juga :

    Siap Siap . .Pendaftaran SBMPTN Dibuka Mulai Besok Lho!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here