Perlukah Menggunakan Kawat Gigi?

0
468
kawat gigi
Copyright©Kesehatan Gigi

Perlukah Menggunakan Kawat Gigi?

Indowarta.comKawat gigi memang menjadi sarana yang umum digunakan untuk memperbaiki posisi gigi yang tidak rata atau rahang yang terlalu sesak.meski pemasangan kawat pada gigi ini lebih umum dikenal untuk tujuan memperbaiki gigi, namun sebenarnya juga bertujuan memperbaiki fungsi mulut.

Dari segi medis kawat pada gigi berfungsi memperbaiki jarak antar gigi yang terlalu renggang atau masalah rahang lain yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata, gigi berdesakan atau tumbuh bengkok atau gigi depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar dibandingkan dengan gigi depan rahang bawah.

Selain memperbaiki penampilan, gigi yang rata dapat membuat Anda bicara lebih jelas dan dapat mengunyah maupun mengigit makanan lebih baik. untuk hasiln yang maksimal, setiap orang membutuhkan jenis kawat giginyang berbeda sesuai kebutuhan.

behel-gigi
Copyright ©klinikjoydental

Berikut ini jenis-jenis kawat gigi yang paling umum:

  1. Kawat gigi permanen
  2. Kawat gigi lepas pasang
  3. Kawat gigi fungsional
  4. Headgear
  5. Retainer
  6. Kawat tidak tampak

Untuk langkah pemasangan kawat pada gigi pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ortontis untuk menentukan apakah pemasagan kawat diperlukan atau tidak. Pemasangan kawat biasanya dilakukan saat gigi permanen telah muncul karena saat inilah kelainan susunan gigi mulai terlihat.

Setelah diputuskan bahwa pemasangan diperlukan, sebaiknya pemasangan kawat pada gigi segera dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Pemasangan kawat gigi dapat dilakukan untuk orang dewasa meski terdapat beberapa prosedur pemasangan kawat gigi pada orang dewasa dan anak-anak.

Perawatan ini dapat dilakukan pada semua umur. Setelah mendapat kepastian, maka Anda kan menjalani pemeriksaan lebih lanjut dengan tahapan umum sebagai beriku.

  • Ortodontis akan mengajukan pertanyaan seputar kesehatan pasien
  • Pasien akan menjalani pemeriksaan rahang, gigi dan mulut
  • Pemeriksaan dengan X-ray untuk menentukan posisi gigi-gigi pada rahang atas dan bawah. Pemeriksaan kepala dengan X-ray juga diperlukan untuk melihat posisi rahang dan gigi.
  • Ortodontis akan meminta Anda mengigit sebuah bahan yang kemudian menjadi bahan pembuat model plester. Ini ecetakan bentk rahang dan posisi gigi Anda untuk menentukan perawatan apa yang dianjurkan
  • Pada kasus tertentu, pencabutan gigi juga diperlukan sebagai dari rangkaian perawatan.
  • Setelah terpasang, Anda perlu memeriksakan gigi setidaknya satu bulan sekali untuk memastikan kawat terpasang dengan baik.

Penggunaan kawat gigi merupakan prosedur yang sangat aman jika dijalankan oleh ortodontis. Meski demikian, tetap ada risiko jangka pendek dan panjang.

Untuk mengurangi resiko akibat pemakaian kawat, pastikan untuk menanyakan dan mendapat informasi resiko maupun yang berhubungan  dengan kawat gigi sebelum pemasangan.

Setelah pemasangan perlu diberikan perhatian eksrta untuk merawat gigi seperti menggunakan sikat gigi khusus dan teratur memeriksa gigi. Selain itu kuragi konsumsi gula dan makana keras.

Baca Juga Mau Pasang Bahel Gigi, Kamu Sebaiknya Tahu Berbagai Hal Berikut Ini Guys !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY